nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Facial Wajah Akan Sebabkan Ketergantungan, Fakta atau Mitos Ya?

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 26 November 2018 23:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 26 611 1983196 facial-wajah-akan-sebabkan-ketergantungan-fakta-atau-mitos-ya-eBWqEG5rX1.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PEREMPUAN yang memperhatikan kulit wajah pasti rutin melakukan facial. Kegiatan ini tidak sebabkan Anda mengalami ketergantungan, tapi malah ada manfaatnya.

Perempuan biasanya melakukan facial karena ingin menghilangkan komedo dari wajahnya. Selain itu, biasanya facial bisa mencerahkan wajah yang kusam.

Spesialis Kulit dan Kelamin dr Matahari Arsy, SpKK dari RS Evasari Jakarta menjelaskan, facial wajah tidak menyebabkan ketergantungan. Sebaliknya, malah ada fungsi yang bagus.

Baca Juga: Cantiknya Penampilan Oksana Voevodina, Ratu Kecantikan Rusia yang Dipinang Raja Malaysia

"Facial dilakukan untuk menjaga pori-pori dan membersihkan komedo. Tidak sebabkan ketergantungan kok, mitos saja," ungkapnya saat ditemui Okezone di Jakarta Pusat, belum lama ini.

Sebenarnya, tegas dia, tanpa facial wajah seseorang lebih mudah muncul komedo. Pastinya wajah kurang bersih dan sebabkan pori-pori wajah mengecil. Inilah yang menyebabkan risiko kulit mudah kusam.

Makanya orang cenderung bilang kalau facial bisa bikin ketergantungan. Memang kalau berhenti dilakukan akan membuat wajah lebih kotor dan kusam. "Kalau tidak facial wajah jadi kotor itu semakin terisi kembali. Kalau facial rutin dibersihkan, pastinya wajah lebih bersih," tambahnya.

Baca Juga: 4 Bentuk Bokong Ini Bisa Gambarkan Kondisi Kesehatan Perempuan

dr Matahari mengatakan, perempuan jangan takut untuk facial bila membutuhkan. Pengerjaannya pasti dilakukan oleh tenaga ahli, seperti dokter atau orang yang mahir di bidangnya. Bagi yang pertama kali ingin facial, pastinya harus konsultasi lebih dulu. Hal ini penting dilakukan supaya tidak ada dampak fatal.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini