nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Seperti Ini Tren Busana Muslim dan Hijab yang Bakal Populer di 2019

Alma Dwi, Jurnalis · Selasa 27 November 2018 15:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 27 194 1983406 seperti-ini-tren-busana-muslim-dan-hijab-yang-bakal-populer-di-2019-pACIVmrSLx.jpg Ilustrasi hijab (Foto: Shutterstock)

TREN mode muslim terus berkembang di Indonesia. Gaya-gaya mode muslim juga semakin beragam, disesuaikan dengan setiap gaya para hijaber yang juga bervariasi.

Sudah hampir memasuki penghujung 2018, para desainer Tanah Air tengah mempersiapkan tren fashion 2019. Sebanyak 20 desainer menampilkan koleksinya dalam fashion presentation di acara Launching Muslim Fashion Festival Indonesia (MUFFEST) 2019 pada Senin 26 November 2018 di CGV Pacific Place, Jakarta.

Para desainer yang tergabung dalam Indonesian Fashion Chamber (IFC) akan memamerkan karya-karyanya di MUFFEST 2019 yang diprediksi akan menjadi tren di tahun depan.

BACA JUGA:

Viral Video Seorang Ibu Terpaksa 'Brojol' di Mobil dalam Perjalanan ke Rumah Sakit

Salah satu desainer busana muslim yang hadir dan turut menampilkan koleksinya itu adalah Monika Jufry. Kehadirannya di dunia fashion mampu menjadi magnet bagi bergairahnya fashion Muslim. Karya-karyanya pun tak dapat diragukan lagi. Melalui brand yang dia hadirkan di tahun 2000, Sessa, Monika menjelma menjadi desainer fashion Muslim terkemuka di Indonesia

Pada kesempatan itu, Monika menjadi salah satu pembicara di acara Launching MUFFEST 2019 dan membawa koleksinya bertema Neo Medieval yang nantinya akan dipamerkan di MUFFEST 2019. Monika mengungkapkan dalam merancang busana, para desainer Indonesia telah mengacu pada Indonesia Trend Forecasting (ITF) 2019/2020 bertema Singularity tema, Exuberant, Neo Medieval, Svarga, dan Cortex.

 

Untuk masalah warna, Monika sendiri lebih cenderung ke warna-warna earth tone atau warna-warna alam dan warna pastel. Warna-warna tersebut dianggap Monika akan menjadi salah satu warna pada tren busana muslim 2019 nanti. Namun, Monika juga mengungkapkan bahwa setiap desainer memiliki warna prediksi yang berbeda-beda, sesuai dengan karakter warna desainer itu sendiri.

“Jadi kalau saya lihat, sudah beberapa tahun ini, mungkin 10 tahunan lebih warna itu bukan jadi satu hal yang harus sama. Dahulu memang sempat booming warna-warna seperti silver dan abu-abu, tetapi kalau sekarang warna lebih ke personal,” ungkap pendiri Hijabersmom Community (HmC) ini.

Monika juga mengungkapkan bahwa di tahun 2019 akan lebih bermain dengan detail dari busana muslim itu sendiri. “Dari segi cutting mungkin tidak banyak apalagi kalau kita mengacu ke busana muslim, tetapi dari permainan detailnya bisa kita lihat, apakah itu bordir yang diolah kembali, atau ada semacam sentuhan dari teknik jahit smock dan lain-lain, jadi pengolahannya di situ,” ujar Monika ketika ditanya apa yang akan menonjol di tren busana 2019 nanti.

BACA JUGA:

Menstrual Cup, Cara Baru Atasi 'Bocor' karena Datang Bulan yang Ramah Lingkungan

Di samping itu, berbicara mengenai busana muslim pasti tidak terlepas dengan hijab. Untuk model hijab di 2019 nanti, menurutnya model hijab tetap simpel. “Setahun atau dua tahun belakangan ini hijab itu simpel, dan menurut saya itu akan tetap bertahan,” lanjutnya.

Sedangkan untuk bahannya disesuaikan dengan keperluannya, dari acara apa yang dihadiri, dan yang terpenting adalah nyaman. Warna pun juga sesuai kepada masing-masing personal, biasanya menyesuaikan dengan busana yang dipakai.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini