Pasti Baru Tahu! Ini Faedah dari Menyelupkan Biskuit ke Teh atau Kopi

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 27 November 2018 08:19 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 27 298 1983280 pasti-baru-tahu-ini-faedah-dari-menyelupkan-biskuit-ke-teh-atau-kopi-M74xqzNrcN.jpg Sensasi nikmat celup biskuit (Foto: Twitter)

BEBERAPA dari Anda menikmati waktu senggang dengan makan biskuit bersamaan dengan minum teh atau kopi. Tak sedikit juga yang kemudian menyatukan keduanya. Ya, menyelupkan biskuit ke dalam teh atau kopi mungkin menjadi aktivitas tambahan yang dilakukan secara tanpa sadar. Maksudnya, Anda mengira bahwa hal itu biasa dan Anda menyukainya.

Tapi, tahukah Anda kalau menyelupkan biskuit ke dalam teh atau kopi ada faedahnya. Itu kenapa rasa dari biskuit bisa lebih manis dan Anda ketagihan untuk terus mencelupkan hingga tanpa sadar menghancurkan biskuit di dalam cangkir.

Baca juga: Ini si Cantik Nora Segura, Kekasih Tim Howard yang Hobi Tak Berbusana

Nah, secara ilmiah ternyata ada proses fisika yang terjadi dari menyelupkan biskuit dengan rasa manis yang lebih terasa. Penasaran?

Dikutip Okezone dari Twitter @HIMAFI_ITB, proses menyelupkan biskuit ke dalam teh dan kopi memang terbukti memberi rasa nikmat lebih dari biskuit.

Hal ini terjadi karena biskuit memiliki pori-pori yang ukurannya medium. Hal ini juga berlaku untuk spons, akar tanaman, dan bahan katun. Nah, karena itu cairan seperti air, teh, dan kopi dapat menyerapak ke dalam pori-pori biskuit tersebut.

Anda juga mesti tahu bahwa bagian padatan dari biskuit mengandung molekul-molekul gula. Jadi, itu kenapa ketika biskuit dimakan, beberaoa molekul gula tersebut mengenai indra perasa pada lidah dan memberi rasa manis. Rasa ini yang membuat biskuit terasa nikmat.

Lalu, pertanyaan yang mungkin sudah Anda ajukan sejak awal membaca artikel ini adalah; Berapa waktu yang pas untuk menyelupkan biskuit supaya rasa nikmatnya makin terasa?

Hal yang mesti diperhatikan sebelumnya ialah ketika biskuit dicelupkan ke minuman hangat, pori-pori biskuit akan terisi oleh cairan. Cairan ini akan melarutkan molekul gula sehingga gula mengisi ruang pori atau bisa dikatakan terperangkap bersama cairan di dalamnya.

Ini yang kemudian membuat molekul gula terasa indra perasa pada lidah dan membuat rasa semakin nikmat.

Nah, waktu yang optimum untuk menyelupkan biskuit dijelaskan oleh Fisikawan Dr Len Fisher. Oh iya, optimum di sini ialah Anda menghasilkanbiskuit semanis mungkin, namun biskuit tidk hancur ke dalam minuman.

Ya, untuk waktu yang optimum, Fisher memodelkan biskuit sebagai sebuah silinder pejal yang di dalamnya terdapat ruang-ruang kosong berbentuk silinder sempurna (sebagia pori). Persamaan Washburn menjadi pacuan untuk menghitung waktu yang tepat dan ini sangat ilmiah sebetulnya.

Kemudian, fakta baru yang mesti diketahui adalah Anda jangan menyelupkan biskuit ke dalam cangkir berisi minuman hangat secara vertikal. Ya, posisi menyelupkan biskuit yang benar adalah landai atau hampir sejajar dengan bibir cangkir.

Ini pun ada alasannya. Jadi, hanya bagian bawah biskuit yang basah, sehingga banyak cairan yang diserap biskuit namun tersebar merata dan tidak akan menyebabkan biskuit hancur. So, jangan pernah ragu untuk menyelupkan biskuit ke minuman hangat favorit Anda, ya!

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini