nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bukan Sekadar Memperat Ikatan Keluarga, Ini Pentingnya Menyantap Makan Malam Bersama Anak

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 27 November 2018 18:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 27 298 1983460 bukan-sekadar-memperat-ikatan-keluarga-ini-pentingnya-menyantap-makan-malam-bersama-anak-xKDVSYmmE4.jpg Ilustrasi (Foto: Timesofindia)

DI zaman modern seperti saat ini sangat sulit untuk menemukan momen berkumpul bersama keluarga. Meja makan kini juga telah menjadi sesuatu yang dianggap usang. Tak ayal jika momen makan malam bersama keluarga sudah mulai terlupakan.

Hal tersebut sebetulnya disebabkan oleh sejumlah faktor pemicu. Mulai dari jadwal setiap anggota keluarga yang berbeda-beda, hingga distraksi yang disebabkan oleh penggunaan gadget berlebihan.

Bahkan, jika seseorang memiliki sedikit waktu luang, mereka cenderung memilih untuk menghabiskan waktu menonton acara favorit di televisi daripada terikat dengan keluarganya. Mereka juga lebih suka memposting foto makanan ke media sosial daripada membuka perbincangan ringan dengan anggota keluarga.

Padahal, anak-anak dan orang dewasa yang menyantap malam bersama dengan keluarga, cenderung memiliki kebiasaan makan yang lebih sehat daripada mereka yang makan sendirian. Fakta ini sebetulnya sudah sempat menjadi objek penelitian sejumlah ahli.

Para peneliti menemukan bahwa ketika keluarga menyanta makan malam bersama, mereka akan lebih banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Secara tidak langsung, kebiasaan ini akan mengurangi konsumsi makanan cepat saji yang berlebihan.

“Penelitian kami menemukan bahwa makan malam bersama keluarga adalah cara yang bagus untuk meningkatkan asupan nutrisi bagi setiap anggota keluarga,” tutur Kathryn Walton, ketua penelitian dari Sick Kids Hospitol di Toronto, Kanada.

“Momen ini adalah waktu yang tepat bagi mereka melepas rasa penat dan berkeluh kesah. Momen ini juga menjadi kesempatan bagi orangtua untuk memberi contoh perilaku makan yang sehat,” tambah Walton.

makan malam

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Network Open itu mengklaim bahwa menyiapkan dan menikmati makanan bersama juga dapat membantu mempererat ikatan keluarga. Makanannya pun tidak harus spesial dan mewah.

“Bahkan, jika makanan yang Anda olah merupakan frozen food, Anda bisa menambahkan salad untuk memperlengkap nutrisinya,” kata Jess Haines, Profesor dari University of Guelph di Kanada.

Lebih lanjut Walton mengatakan, banyak remaja dan orang dewasa muda yang tinggal di rumah, namun sibuk dengan kegiatan sekolah atau pekerjaan paruh waktu. Karena itu, akan sulit untuk menemukan waktu yang tepat untuk menyantap makan malam bersama anggota keluarga.

Kendati demikian, masih ada satu cara ampuh untuk mengakalinya, seperti menyantap sarapan bersama. Cara ini bisa sangat efektif seperti menyantap makan malam. Untuk penelitian ini, para peneliti mengamati lebih dari 2.700 responden dengan rentang usia 14 hingga 24 tahun.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini