Agar Tidak Mubazir, Perhatikan 5 Pedoman Ini Sebelum Beli Mesin Kopi

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 27 November 2018 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 27 298 1983531 agar-tidak-mubazir-perhatikan-5-pedoman-ini-sebelum-beli-mesin-kopi-63V1yTvKs7.jpg Mesin kopi (Foto:Ist)

BAGI orang yang menjadikan secangkir dua cangkir kopi setiap hari sebagai “bensin” pribadi dalam beraktivitas sehari-hari, yang namanya memiliki mesin kopi sendiri di rumah itu jadi hal yang penting.

Namun, memilih mesin pembuat kopi yang tepat bisa menjadi hal yang rumit untuk dilakukan jika kita sendiri tidak mengetahui hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan ketika memutuskan membeli mesin kopi.

(Baca Juga: https://lifestyle.okezone.com/read/2018/11/27/196/1983300/viral-video-seorang-ibu-terpaksa-brojol-di-mobil-dalam-perjalanan-ke-rumah-sakit)

(Baca Juga: Si Cantik Nora Segura, Kekasih Tim Howard yang Hobi Tak Berbusana)

Nah, untuk Anda yang masih bingung berikut lima hal yang bisa dijadikan pedoman ketika membeli mesin kopi. Mari baca pemaparannya di bawah ini, seperti disitat Foodbeast, Selasa (27/11/2018).

 

1. Tipe brew :

Jenis mesin pembuat kopi yang paling populer adalah drip otomatis (automatic drip), grind , brew serta pod models. Namun ada juga mesin kopi yang lebih spesifik, seperti French presses, pour-overs dan Moka pots.

Untuk memilih tipe mana yang dibutuhkan, maka harus bertanya pada diri sendiri seberapa sabar diri Anda ketika membuat kopi. Mesin pembuat kopi jenis drip otomatis jadi pilihan terbaik untuk orang-orang yang tidak punya waktu banyak untuk membuat kopi di pagi hari, beda lagi dengan tipe orang yang lebih mengutamakan cita rasa di atas segalanya maka mesin seperti French presses, atau model Chemex pour-over jadi pilihan yang tepat.

2. Seberapa banyak kopi yang bisa dibuat :

Pikirkan berapa banyak kopi yang kita minum setiap hari. Apakah Anda tipe orang satu cangkir di satu hari, atau Anda tipe orang yang sehari bisa meminum hingga tiga cangkir kopi? Jika kita tipe yang cukup meminum satu cangkir setiap harinya, maka mesin model a single-serving bisa jadi mesin yang cocok.

Namun jika butuh porsi yang lebih besar setiap harinya, maka yang harus dibeli adalah mesin pembuat kopi yang menyediakan kapasitas besar, biasanya yang bisa membuat hingga 12 cangkir kopi atau yang lebih besar lagi mencapai 16 cangkir kopi sekaligus dalam satu kali proses. Atau bisa juga pilihan praktis, yakni mesin kopi model full pot yang mempunyai fungsi penyajian single-serving juga dalam satu mesin yang sama.

3. Ukuran :

Ingat, pertimbangan soal space alias luas ruangan juga sangat perlu loh! Pertimbangkan luas ruang atau tempat untuk meletakkan mesin kopi tersebut di rumah. Sebaiknya, ukur terlebih dahulu tempat yang akan menjadi posisi mesin pembuat kopi disimpan nanti (termasuk ukuran tinggi jika diletakkan di bawah lemari kabinet) sebelum pergi berbelanja mesin kopi.

4. Fungsi :

Pertama soal kekuatan rasa, jika kita dan keluarga di rumah memiliki preferensi kopi yang berbeda, carilah mesin yang memungkinkan untuk mengubah kekuatan proses brewing yang tergantung pada apakah ingin menghasilkan rasa yang lebih kuat atau lebih ringan. Lalu selanjutnya ialah soal suhu panas, hampir semua pembuat kopi memiliki pelat pemanas sebagai alas teko. Tetapi jika kita ingin menghirup kopi selama beberapa jam, membiarkannya duduk di pelat piring panas tersebut dapat menyebabkan rasa terbakar dan pahit.

Sebaliknya, jika kita menginginkan pembuat kopi yang juga memiliki pengaturan kontrol suhu yang dapat disesuaikan sepanjang hari atau teko stainless steel yang diisolasi untuk menjaga kopi bisa lebih hangat lebih lama. Terakhir cek juga soal fitur tambahan di dalamnya, ada beberapa mesin pembuat kopi yang memiliki pilihan auto-programming, yang membuat kita bisa menyetel mesin tersebut di malam sebelumnya, ada juga mesin yang mempunyai fitur auto-off yang membuat mesin bisa otomatis mati sendiri di waktu tertentu, bahkan ada juga loh mesin pembuat kopi yang dilengkapi dengan sistem penyaring air sehingga bisa menghasilkan air murni, cocok untuk orang yang tinggal di daerah dengan kualitas air tidak terlalu tinggi.

5. Harga :

Logikanya, mesin pembuat kopi yang sarat dengan fitur khusus akan lebih mahal daripada mesin kopi biasa. Untuk kisaran harga, mesin pembuat kopi standar biasanya tidak akan berharga lebih dari USD100 atau sekira Rp1,4 juta. Jika ingin mendapatkan penawaran harga terbaik, tidak ada salahnya mencoba untuk melihat-lihat secara online di situs pabrik langsung dan jangan lupa untuk selalu cari tahu perbandingan harga di pengecer online.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini