Tips Memasak dengan Anak ala Cucu B.J Habibie

Blenda Azaria, Jurnalis · Rabu 28 November 2018 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 27 298 1983648 tips-memasak-dengan-anak-ala-cucu-b-j-habibie-DrsTkeLtkr.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

BANYAK cara yang bisa dilakukan oleh ibu untuk mendekatkan diri dengan anaknya. Bermain bersama, mengerjakan PR bersama, belanja bersama, atau memasak bersama di rumah.

Putri Habibie, cucu presiden Indonesia ke-3, B.J Habibie yang juga merupakan seorang passionate home cook dan founder dari LadyBake cooking class ini membagikan tips memasak dengan anak. Penasaran, kan? Berikut tips yang Putri berikan dalam konferensi pers peluncuran buku pertamanya ‘My Little Home Cook’ yang diadakan di Modena Head Office, Selasa, 27 November 2018.

1. Terapkan ‘bermain sambil belajar saat memasak

Agar anak tidak merasa terbebani saat memasak, ajak anak bermain sambil belajar memasak. Misalnya, saat anak sedang memotong wortel, tanyakanlah apa warna wortel dan buah atau sayuran apa yang warnanya sama dengan wortel.

2. Gunakan elemen-elem warna yang disukai anak

Menurut keterangan seorang Psikolog Anak, Dra. Dina Ramayanti, Psi, anak-anak kecil usia TK cenderung lebih suka dengan warna-warna. “Anak-anak memiliki rasa keingintahuan yang besar serta daya imajinasi dan kreativitas yang kuat. Mereka (cenderung) lebih suka dengan warna-warna,” ujar Dina.

Selain itu, Putri Habibie juga menambahkan bahwa murid-muridnya lebih suka alat-alat masak yang lucu. “Kalau (untuk) murid-muridku itu biasanya aku pakai warna (untuk menarik perhatian) karena mereka tertariknya sama warna-warna, bukan makanan enaknya. Kemarin pas foto misalnya ‘ih talenannya lucu, sendoknya warnanya bagus’. Jadi mereka lebih semangat masak dengan talenan dan sendok yang lucu itu,” ucap Putri.

memasak bersama

3. Gunakan alat masakan yang cocok untuk anak

Dina menambahkan lagi, jika ingin mengajak anak untuk memasak, jangan menggunakan alat masakan seperti yang digunakan orang dewasa. Daripada menggunakan pisau berbahan logam, gunakanlah pisau plastik yang aman untuk anak.

4. Ajak anak mengerjakan halaman aktivitas yang ada di buku ‘My Little Home Cook’

Setelah melalui proses memasak yang dibuat menyenangkan, ajak anak untuk mengerjakan halaman aktivitas yang terdapat di buku milik Putri. Di buku tersebut, terdapat halaman mewarnai, cari perbedaan, sambung titik, halaman menggambar, dan aktivitas menyenangkan lainnya.

5. Pakai bahan masakan yang menarik perhatian

Ketika ingin mengolah buah-buahan atau sayur-sayuran, gunakanlah buah dan sayur segar yang bewarna terang sehingga membuat anak jadi tertarik untuk mencoba mengolah bahan makanan itu.

memasak bersama anak

6. Ingat, anak hanya membantu, bukan benar-benar memasak

Ketika memasak dengan anak, pastikan anak hanya menemani saja dan bukan benar-benar memasak. Misalnya, anak bisa membantu mencuci buah atau sayur. Mengambilkan garam atau gula, dan lain-lain.

7. Ajari anak dengan bahasa yang mudah dimengerti

“Anak nggak usah bisa masak telur dadar, bisa mecahinnya saja sudah bagus. Biasanya aku kalau ngajarin anak kecil itu pakai bunyi. ‘Duk duk duk krek’ saat mecahin telur. Jadi ya percobaan pertama sih pasti hasilnya berantakan, namun lama-lama prosesnya itu lah yang penting. Masak di sini bukan berati anak harus bisa bikin nasi goreng, tapi harus bisa mengenalnya,” jelas Putri.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini