nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sering Tak Dipedulikan, Stiker Kecil pada Buah Impor Menyimpan Informasi Penting

Pisca Azalea, Jurnalis · Selasa 27 November 2018 21:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 27 298 1983659 sering-tak-dipedulikan-stiker-kecil-pada-buah-impor-menyimpan-informasi-penting-4WJ13fS21S.jpg Ilustrasi buah impor (Foto: Paqshupatinath)

APAKAH Anda gemar mengkonsumsi buah- buahan? Pernahkah melihat stiker kecil bertuliskan angka yang ditempel pada buah?

Mungkin banyak dari kita yang tidak mempedulikannya dan hanya menganggapnya sekadar stiker biasa yang ditempel. Biasanya kode stiker ini hanya terdapat pada buah – buah impor, jarang ditemukan buah-buah lokal yang terdapat kode stiker. Tapi tahukah Anda ternyata angka atau kode tersebut memiliki makna lho.

Dilansir dari BeWell, Senin(27//11/2018) kode stiker atau label yang melekat pada buah memiliki lebih banyak fungsi diantaranya dapat membantu memindai harga di kasir atau memberi tahu bagaimana buah itu tumbuh. Kode yang ada pada stiker itu biasa disebut dengan PLU (Price Look Up).

BACA JUGA:

6 Momen Kulineran Manja Icha Gween, DJ yang Dikaitkan dengan Keretakan Pernikahan Gading-Gisel

Dengan membaca angka atau kode stiker yang ada pada buah, Anda dapat mengetahui apakah buah itu dimodifikasi secara genetis, ditanam secara organik atau diproduksi dengan pupuk kimia, fungisida, atau herbisida. Karena setiap kode angkanya memiliki arti yang berbeda-beda.

Berikut adalah pembahasan mengenai angka –angka atau kode stiker yang di tempel pada buah.

 

1. Jika ada empat angka di stiker, itu berarti bahwa produk tersebut ditanam secara konvensional atau dengan penggunaan pestisida. Contohnya pada buah pisang yang diberi label dengan kode 4011.

2. Jika ada lima angka di stiker, dan angka dimulai dengan "8", ini memberitahu bahwa buah tersebut adalah buah yang dimodifikasi secara genetik. Contohnya pisang yang telah direkayasa secara genetik diberi kode 84011.

3. Jika ada lima angka dan dimulai dengan "9", ini memberitahu bahwa buah itu tumbuh secara organik dan tidak dimodifikasi secara genetika. Contohnya pisang organik diberi kode 94011.

BACA JUGA:

6 Momen Kulineran Manja Icha Gween, DJ yang Dikaitkan dengan Keretakan Pernikahan Gading-Gisel

Setelah tahu ternyata angka atau kode stiker yang ditempel pada buah memiliki makna. Cobalah mulai sekarang memperhatikan angka atau kode tersebut. Karena hal ini sangat membantu kita untuk mengetahui dan memilih buah mana yang ditanam secara organik dan mana buah yang hasil rekayasa genetika.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini