Menstrual Cup, Cara Baru Atasi 'Bocor' karena Datang Bulan yang Ramah Lingkungan

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 27 November 2018 10:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 27 481 1983305 menstrual-cup-cara-baru-atasi-bocor-karena-datang-bulan-yang-ramah-lingkungan-oZdCiyMhfo.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BAGI perempuan yang mengalami menstruasi, pembalut, panty-liner, dan tampon adalah produk-produk yang setia menemani setiap bulannya. Ketiga produk itu berfungsi sebagai tempat penampung darah lantaran sel telur tidak mendapatkan pembuahan.

Namun, kini ada produk baru yang semakin populer. Produk itu adalah menstrual cup atau tabung menstruasi. Berbeda dengan produk penampung darah pada umumnya yang sekali pakai, tabung menstruasi bisa dipakai berkali-kali dengan cara dicuci bersih. Maka tak heran bila produk ini diklaim ramah lingkungan.

Menurut Women's Environmental Network, pembalut, panty-liner, dan tampon terbuat dari hampir 90 persen plastik. Hal ini tentu membahayakan, mengingat limbah plastik sedang menjadi sorotan akhir-akhir ini.

Baca Juga: Penampilan Lucinta Luna di Video Klip Terbaru yang Dibilang Tiru Agnez Mo

Bahkan, pada 2018 telah menjadi tahun revolusi plastik dimana sejumlah negara, termasuk Indonesia, mulai mempertimbangkan untuk mengurangi penggunaan plastik.

Sedangkan membeli satu tabung menstruasi bisa dipakai hingga bertahun-tahun. Produk ini terbuat dari silikon sehingga dapat digunakan berkali-kali. Tak hanya baik untuk lingkungan, produk yang satu ini juga baik untuk tubuh terutama Miss V.

Dengan menggunakan tabung menstruasi, jumlah darah yang bisa ditampung tiga kali lebih banyak bila dibandingkan dengan pembalut biasa. Demikian seperti yang dilansir Okezone dari Independent.

Tabung menstruasi dianggap dapat menjaga kelembapan Miss V. Selain itu, produk ini dapat menjadi pilihan yang baik untuk orang-orang dengan kulit sensitif atau alergi. Produk bebas lateks, hypoallergenic, dan pemutih.

Baca Juga: 7 Makanan yang Berbahaya untuk Anak, Hindari Sebelum Terlambat!

Beberapa perempuan mungkin ada yang mengalami iritasi atau gatal-gatal karena menggunakan pembalut. Hal ini bisa dikarenakan adanya zat pemutih atau bahan yang tidak cocok di kulit.

Namun di sisi lain, mereka tetap harus menggunakan produk yang dapat menampung darah sehingga tetap bisa melakukan aktivitas dengan lancar. Jalan keluar yang paling baik adalah penggunaan tabung menstruasi.

Selain itu, produk ini juga memberikan manfaat bagi perempuan yang mengalami menstruasi berat. Sering kali mereka harus bolak-balik mengganti pembalut karena sudah tidak cukup untuk menampung darah.

(mrt)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini