nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sering Gatal di Area Miss V, Waspadai Bisa Jadi Gejala Terkena Diabetes!

Adinda Harum, Jurnalis · Rabu 28 November 2018 03:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 27 481 1983487 sering-gatal-di-area-miss-v-waspadai-bisa-jadi-gejala-terkena-diabetes-dGIlaGLba3.jpg Ilustrasi (Foto: Curejoy)

DIABETES merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh banyak orang di dunia. Jika dahulu penyakit ini hanya menyerang pada kalangan orangtua, tapi sekarang diabetes dapat menyerang siapa saja di segala umur.

Diabetes tipe-2 berkembang ketika tubuh menjadi resisten terhadap insulin atau ketika pankreas berhenti memproduksi insulin yang cukup. Dalam jangka panjang hal ini dapat mengakibatkan komplikasi serius, termasuk kebutaan, penyakit ginjal, kerusakan saraf dan penyakit kardiovaskular.

Hingga 85% kasus diabetes tipe-2 terkait dengan gaya hidup yang buruk, karena kelebihan berat badan atau obesitas. Selain itu, diabetes juga berhubungan dengan konsumsi makanan yang tidak sehat, dan tidak mendapatkan aktivitas fisik yang cukup juga dapat meningkatkan kemungkinan memiliki lemak viseral berbahaya, di mana ini akan mengarah ke resistensi insulin.

Gejala umum diabetes tipe-2 ialah sering buang air kecil, peningkatan nafsu makan tiba-tiba, perubahan suasana hati dan masalah tidur. Dr Capehorn direktur medis di LighterLife juga mengungkapkan lima gejala umum diabetes tipe-2 yang dilansir dari Dailystar, Rabu (28/11/2018):

1. Berat badan tiba-tiba menurun atau kehilangan otot

Penurunan berat badan secara drastis merupakan hal yang tidak wajar, kecuali jika dikontrol penurunan berat badan sebagai bagian dari diet. Penurunan tiba-tiba berat badan Anda juga mungkin bukan hal yang baik. Hal inilah yang harus Anda selidiki.

2. Merasa lelah

Merasa lelah sepanjang waktu adalah gejala yang sangat umum, tetapi bisa juga karena diabetes yang tidak terdiagnosis. Hal ini karena tubuh tidak memetabolisme gula dalam makanan untuk energi dengan cara yang benar, sehingga menyebabkan kelelahan kronis bahkan ketika tidur baik.

3. Haus tak terpuaskan

Ini adalah gejala diabetes yang sangat klasik, tetapi sekali lagi itu kemungkinan besar terkait dengan diabetes tipe 1. Alasan rasa haus itu rumit, tetapi bisa dipikirkan hanya karena ginjal Anda menginginkan cairan ekstra untuk mengeluarkan kelebihan gula.

4. Buang air kecil lebih sering dari biasanya

Perlu buang air kecil lebih sering, mungkin dengan tingkat urgensi, dan terutama pada malam hari, harus selalu diselidiki.

pipis

5. Penglihatan kabur

Penglihatan kabur dapat disebabkan oleh kerusakan pada lensa di dalam mata Anda dari kadar gula tinggi, yang juga dapat merusak pembuluh darah kecil di retina Anda.

Namun, ada beberapa gejala diabetes tipe 2 yang kurang dikenal yang mungkin belum pernah Anda dengar. Ternyata gatal di area genital bisa menjadi gejala diabetes tipe-2. "Sebagian besar, gatal kelamin disebabkan oleh infeksi ragi, ketika jamur Candida albicans secara alami ada di vagina Anda tumbuh tidak terkendali,” Dr Matt Capehorn, direktur medis di LighterLife.

Sebagian besar wanita mengalaminya pada suatu saat, tetapi jika itu sering terjadi, sebaiknya Anda harus ke dokter. “Kadar gula darah tinggi menyediakan kondisi sempurna untuk ragi vagina untuk berkembang biak, sehingga peningkatan risiko infeksi ragi lainnya dapat terjadi. Diabetes tipe-2 juga dapat menekan respons kekebalan Anda, membuat infeksi lebih mungkin,” tutupnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini