nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hati-Hati, Jantung Koroner Terbukti 'Pembunuh' Wanita Nomor 1

Bagas Taruna , Jurnalis · Selasa 27 November 2018 20:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 27 481 1983539 hati-hati-jantung-koroner-terbukti-pembunuh-wanita-nomor-1-WS84Nnujdx.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

WANITA dan pria memang memiliki fisik yang berbeda satu dengan lainnya. Meski demikian, semua organ-organ di dalam tubuh manusia hampir serupa antara wanita dan pria.

Sebut saja paru-paru, liver ataupun jantung, yang serupa satu sama lain. Namun, siapa sangka jantung sebagai organ pemompa darah ini rentan sekali terhadap penyakit. Apalagi di zaman sekarang dengan pola makan yang tak teratur dan gaya hidup yang tak sehat seperti merokok.

Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr. Vito Anggarino Damay menyebut, penyakit jantung juga memiliki banyak macamnya, mulai dari penyakit jantung koroner, penyakit katup jantung, dan gagal jantung. Nah, fakta menunjukkan serangan jantung merupakan pembunuh utama kaum hawa.

Baca Juga: Pakai Baju dengan Belahan Dada Rendah, Bella Hadid Terciduk Lahap Makan Nasi Bungkus

Image result for jantung shutterstock, okezone

“Memang penyebab kematian terbanyak untuk wanita adalah serangan jantung, akibat adanya penyumbatan pembuluh darah koroner,” jelas dr. Vito kepada Okezone.

Selain itu, dr. Vito membeberkan bahwa penyakit jantung koroner adalah penyakit yang berlangsung lama dan dipengaruhi pola makan yang tidak sehat, misalnya makanan kolesterol tinggi serta gula. Selain itu, aktivitas fisik yang kurang, serta rokok menjadi faktor penentu lainnya.

Faktor ini merupakan penyebab timbulnya penyempitan pembuluh darah jantung yang berujung pada serangan jantung nantinya. “Pencetusnya serangan jantung tiba-tiba bisa kapan saja terjadi. Stres fisik atau psikis bisa mencetuskan hal ini,” tambahnya.

Baca Juga: Selamatkan Nyawanya, Pasien Kanker Ini Bikin Tato Wajah Dokternya di Punggung, Kisahnya Bikin Haru!

Image result for penyakit jantung shutterstock, okezone

Meskipun, pada banyak kasus pria masih lebih banyak terkena penyakit ini daripada wanita. Meski demikian, penyakit jantung memanglah menjadi musuh utama kaum hawa di atas kanker payudara atau serviks.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini