nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Generasi Milenial Lebih Berisiko Terserang Penyakit Mematikan

Pisca Azalea, Jurnalis · Selasa 27 November 2018 17:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 27 481 1983553 generasi-milenial-lebih-berisiko-terserang-penyakit-mematikan-meByw8UDWC.jpg Generasi milenial lebih rentan terserang penyakit mematikan (Foto:Mosaicclubs)

GENERASI milenial atau juga dikenal dengan generasi Y adalah anak-anak dengan tahun kelahiran antara tahun 1980-an hingga awal 1997-an. Dilansir dari Bussines Insider, Senin (26/11/2018), generasi milenial mungkin generasi pertama yang rentan memiliki kesehatan lebih buruk pada usia paruh baya dibandingkan dengan orang tua mereka.

Menurut laporan dari Health Foundation, bahwa generasi milenial memiliki resiko lebih tinggi terkena kanker, diabetes, dan penyakit jantung saat usia baya. Generasi ini juga lebih mudah untuk mengalami kesepian.

Pada orang yang sudah berusia 20 atau 30-an faktor yang menyebabkan risiko lebih tinggi terkena penyakit yang sudah disebut diatas adalah karena masalah pekerjaan dan hubungan asmara. Secara keseluruhan, hal ini terkait dengan stres jangka panjang, kecemasan, depresi atau kualitas hidup yang rendah.

Laporan tersebut juga menambahkan bahwa generasi milenial berada di bawah tekanan psikologis karena faktor jam kerja yang tidak sesuai, pengangguran, ekonomi serta dampak dari media sosial.

(Baca Juga: https://lifestyle.okezone.com/read/2018/11/27/196/1983300/viral-video-seorang-ibu-terpaksa-brojol-di-mobil-dalam-perjalanan-ke-rumah-sakit)

(Baca Juga: Si Cantik Nora Segura, Kekasih Tim Howard yang Hobi Tak Berbusana)

"Anak-anak muda saat ini menghadapi tekanan psikologis yang sangat berbeda dengan generasi sebelumnya," kata Jo Bibby, direktur di Health Foundation.

Dalam survei terhadap 2.000 orang berusia 22 hingga 26 tahun, hanya 31% yang mengatakan bahwa mereka memiliki hubungan yang kuat dengan orang lain, 46% mengatakan mereka memiliki dukungan keuangan dan keluarga yang cukup, 49% lagi mengatakan mereka memiliki dukungan emosional dari keluarga, sementara 80% mengatakan mereka merasa di bawah tekanan karena dampak dari media sosial.

Awal tahun ini, sebuah studi dari Kings College London menemukan bahwa generasi milenial yang mengalami kesepian berada pada risiko masalah-masalah kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan dibandingkan dengan mereka yang merasa memiliki sebuah hubungan dengan orang lain.

Dari pembahasan diatas, dapat disimpulkan bahwa yang membuat generasi milenial rentan memiliki kesehatan yang lebih buruk adalah karena faktor tekanan psikologis dari masalah-masalah seperti pekerjaan, hubungan asmara, ekonomi serta dampak media sosial.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini