nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Punya Pacar yang Kerap Dilanda Depresi, Coba Simak 7 Tips Berikut

Risda Nadiva, Jurnalis · Rabu 28 November 2018 10:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 28 196 1983855 punya-pacar-yang-kerap-dilanda-depresi-coba-simak-7-tips-berikut-s1vbdtJYiV.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MEMILIKI hubungan asmara yang baik memang keinginan setiap pasangan. Namun, bagi beberapa pasangan hal tersebut mungkin cuma mimpi, lantaran hubungan mereka bermasalah.

Memang, dalam setiap hubungan pasti ada masalah yang melanda. Meski demikian, tidak semua masalah dapat diselesaikan dengan cepat. Bisa jadi karena satu dan lain hal, maka permasalahan tersebut sulit untuk diselesaikan, salah satunya adalah karena pasangan yang kerap mengalami depresi.

"Sama seperti kasus lain, depresi bisa saja menjadi salah satu penyebab bertambahnya stres dalam hubungan," ungkap Heather Lofton, Ph.D., staf terapis di The Family Institute di Northwestern University.

Meski demikian, ada beberapa cara untuk menjalankan hubungan dengan pacar yang depresi, seperti yang dilansir dari womenshealthmag.

Baca Juga: Penampilan Lucinta Luna di Video Klip Terbaru yang Dibilang Tiru Agnez Mo

1. ketahui apa itu depresi

Anda harus mempelajari dan mencari tahu apa itu depresi dan penyebabnya. Pasangan Anda mungkin mengalami sesuatu yang membuatnya terbebani, tapi tidak bisa di ungkapkan. Sebagai pasangan, rasanya cocok bila orang terkasih memberikan rasa empati pada pasangan.

2. Tetap berada di sampingnya

Anda mungkin satu-satunya orang spesial yang dia miliki. Oleh sebab itu, dekati dan terus temani, terutama di saat-saat ia sangat bergantung pada Anda. Ketika pasangan Anda merasa stres atau depresi, dukungan dari Anda bisa jadi penyemangat untuknya agar tetap bertahan.

3. Jadilah proaktif

Hal-hal sederhana seperti jalan berdua setelah makan malam atau memberikan ruang untuknya membuat pasangan Anda lebih rileks. Dengan melakukan kegiatan itu, Anda telah membantunya untuk berperilaku lebih sehat. Akan lebih baik jika Anda mendukungnya untuk terus berubah ke arah lebih baik daripada mendorongnya agar tidak depresi.

Baca Juga: Ingin Cepat Hamil? Simak Fakta-Fakta Ovulasi yang Belum Anda Ketahui

4. Pikirkan kembali masa depan Anda

Ada beberapa pasangan yang tetap bertahan, meskipun salah satunya mengalami depresi. Kenyataannya, sebagian pasangan ada yang secara tidak aktif enggan mencari solusi untuk sembuh. Malahan, dia akan menyarankan untuk putus.

5. Jangan diperbaiki

Anda bukan seorang dokter yang dapat menyembuhkan depresi pada pasangan. Bisa jadi, Anda akan tertekan dan memengaruhi kesehatan mental sendiri. Tenangkan diri dan rawatlah diri Anda juga.

6. Pertimbangkan konseling terhadap pasangan

Gunakanlah jasa pihak ketiga, untuk mendiskusikan tentang bagaimana depresi dapat mempengaruhi hubungan Anda, dan apa yang harus dilakukan untuk membantunya dalam keadaan tersebut.

7. ketahui apa yang Anda butuhkan

Jika disarankan untuk putus, Anda mungkin akan dikira tak peka dan seperti orang jahat. Tapi tidak berarti begitu, hal tersebut justru dilakukan untuk menghormati kebutuhan Anda. Meskipun telah putus, tapi tetap bisa berhubungan juga dengan si dia jika memerlukan bantuan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini