Lakukan 5 Hal Ini ketika Mengetahui Pasanganmu Berbohong

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 28 November 2018 22:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 28 196 1984184 lakukan-5-hal-ini-ketika-mengetahui-pasanganmu-berbohong-Ieka59srnm.jpg Ilustrasi (Foto: India)

MENGETAHUI pasangan yang sedang berbohong terkadang menimbulkan gejolak batin pada diri sendiri. Amarah dan rasa kecewa berkecamuk dalam dada, tapi pertimbangan untuk mempertahankan hubungan membuat bibir hanya bisa mengatup, bingung harus marah atau diam.

Kamu sedang merasakan hal serupa? Jika ya, baiknya kamu simak ulasan berikut ini yang Okezone lansir dari laman Daily Elite, Rabu (28/11/2018), agar tidak perlu lagi bingung untuk bersikap ketika tahu pasangan sedang berbohong.

1. Panggil dengan tenang

Saat mengetahui pasangan sedang berbohong, sering kita merasa sulit untuk menahan diri untuk tidak marah. Tapi, sebaiknya kamu tetap tenang. Panggil pasangan dengan tenang, katakan padanya ada hal yang harus dibicarakan. Tanyakan hal yang kamu ketahui dan dengar jawabannya sampai selesai, tidak perlu memotong.

2. Pertimbangkan alasan pasangan berbohong

Penangkal marah adalah empati. Maka, tanyakan pada pasangan alasannya berbohong. Menurut seorang ahli hubungan, Laurel House, seseorang biasanya berbohong karena merasa takut, tidak aman, malu, dan masa lalu. Meskipun tidak membenarkan kebohongan, cobalah untuk memahami perspektif pasangan, sehingga mampu menenangkan emosi.

pasangan

3. Tetapkan batas

Kamu memang perlu empati dan tenang, tapi bukan berarti kamu bisa terus menerima dibohongi. Bagaimana pun berbohong tidak benar dan kejujuran mesti ditegakkan. Laurel mengatakan, jika ingin melanjutkan hubungan, kalian harus menyepakati berbohong bukanlah bagian dari hubungan, tidak peduli seberapa tidak aman, canggung, malu, atau apapun.

4. Ciptakan ruang kejujuran

Selain menetapkan batas-batas, penting untuk memastikan untuk menciptakan kondisi di mana pasangan Anda dapat menepati janji mereka dengan menciptakan ruang yang aman bagi mereka untuk menjadi jujur. Tetapkan premis bahwa tidak apa-apa untuk mengatakan yang sebenarnya. Ini harus menjadi bagian mendasar dari hubungan Anda. Jika Anda mulai dengan pemahaman bahwa kebenaran lebih diterima daripada kebohongan, Anda akan menciptakan lingkungan kepercayaan.

5. Sudahi hubungan

Idealnya, kita tidak akan pernah berbohong kepada pasangan atau dibohongi, tetapi orang-orang itu rumit, dan terkadang mereka melakukan kesalahan. Bila pasangan terus berbohong atau menipu Anda dengan sengaja tidak layak untuk cinta atau waktu Anda, dan itulah kebenarannya, sudahi saja.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini