Biasakan Mendongeng untuk Anak, Ini Manfaatnya Menurut Kak Seto

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 28 November 2018 21:47 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 28 196 1984243 biasakan-mendongeng-untuk-anak-ini-manfaatnya-menurut-kak-seto-Eu9BGFanpH.JPG Kak Seto (Foto: Leonardus)

PERNAHKAH anak Anda merengek untuk dibacakan sebuah dongeng sebelum tidur? Jika iya, sebagai orangtua yang baik Anda harus memberikan dongeng yang menarik dan bisa mengedukasi si buah hati.

Selain mengedukasi, dongeng pun bisa membantu anak untuk berimajinasi dan mengembangkan saraf motoriknya. Mereka bisa mencontoh sisi positif dari setiap karakter yang diceritakan dalam dongeng tersebut.

Tentunya mendongeng memiliki segudang manfaat bagi perkembangan buah hati Anda. Sebenarnya ada beberapa cerita dongeng yang mudah dan umum untuk diceritakan kepada anak seperti si Kancil, Timun Mas, Pulau Matahari dan masih banyak lainnya.

 (Baca Juga:Tak Perlu Merogoh Kocek, Ini 6 Spot Instagramable Gratis di Bali)

Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia, Seto Mulyadi atau yang kerap disapa Kak Seto mengatakan bahwa membaca dan mendongeng memiliki kontribusi dalam perkembangan anak karena mampu mengaktifkan pusat emosi di otak dan melatih fokus perhatian mereka.

 

Selain itu setiap dongeng yang diceritakan oleh orangtua juga harus memiliki hal positif dan manfaat yang terkandung di dalamnya. Hal inilah yang akan membuat anak untuk bertindak dan berpikir positif dalam berperilaku.

"Sebuah cerita dongeng mampu merancang berbagai aspek jiwa anak, dengan mendengar cerita dongeng perkembangan anak bisa menjadi luas dan dapat memperkaya bahas, selain itu dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi," ucap Kak Seto saat ditemui Okezone, di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu(28/11/2018).

 (Baca Juga:Bikin Jantungan, Customer Lari ke Luar Toko saat Jajal Sepatu, Videonya Viral)

Agar dongeng memiliki nilai positif yang terkandung di dalamnya, ada baiknya para orangtua mengambil cerita-cerita dari tokoh yang menginspirasi banyak orang. Tidak hanya cerita khayalan belaka.

"Lewat tokoh yang menginspirasi nilai moral yang terkandung itu sangat bagus, anak akan menjadikan inspirasi mereka juga nantinya. Nah hal itu akan membentuk kepribadian anak yang baik tentunya," pungkas Kak Seto.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini