nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Monumen Aneh nan Indah di Berbagai Belahan Dunia

MNC Media, Jurnalis · Rabu 28 November 2018 17:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 28 406 1984068 monumen-aneh-nan-indah-di-berbagai-belahan-dunia-t2FAKG0GgW.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

DI sejumlah wilayah, monumen atau patung dibuat untuk menghormati jasa seseorang atau memperingati peristiwa penting. Bahkan, monumen diciptakan sebagai estetika, untuk menarik wisatawan agar berkunjung ke suatu daerah.

Namun banyak juga monumen yang dibuat justru memiliki bentuk aneh meski tetap indah dipandang.

Baca Juga: Penampilan Lucinta Luna di Video Klip Terbaru yang Dibilang Tiru Agnez Mo

The Georgia Guidestones, Amerika Serikat

(Foto: atlasobscura)

Monumen ini berdiri pada 1979 yang dibangun oleh orang atau sekelompok orang tidak dikenal di Georgia, Amerika Serikat. Dalam monumen ini terukir pesan yang ditulis dalam 8 (delapan) bahasa. Inti pesan ini adalah pentingnya pengurangan jumlah populasi penduduk dunia menjadi 500 juta orang saja.

Diduga, pendiri monumen misterius ini adalah kaum elite pelopor globalisasi (New World Order). Tapi hingga detik ini, tidak ada yang mengetahui kebenarannya.


The Alton Barnes White Horse, Inggris

(Foto: photographers-resource)

Pada 1812, seorang petani bernama Robert Pile membayar uang sebesar £ 20 kepada seorang pria bernama Jack the Painter (seorang pelukis) untuk mendesain dan memotong seekor kuda ke lereng bukit di Wiltshire, Inggris. Ini adalah salah satu dari sembilan lukisan kuda yang dipotong ke bukit-bukit di daerah ini.

Tidak ada yang tahu mengapa desain tersebut diukir dari bukit. Itu kemudian dikemas dengan kapur sehingga menonjol putih mencolok. Jack the Painter kemudian mensubkontrakkan pekerjaan itu kepada orang lain. Monumen Alton Barnes White Horse akhirnya selesai dengan ukuran kuda kira-kira 55 meter (180 kaki) tinggi dan 49 meter (160 kaki) panjang.


Patung Kindlifresser Fountain, Swiss

(Foto: pinimg)

Walaupun terlihat seperti karya seni nyentrik dan aneh, monumen Kindlifresser Fountain (patung pemakan anak) yang berdiri di atas air mancur ini sangat menakutkan. Faktanya, monumen ini telah menakuti anak-anak di Bern sejak tahun 1546.

Mengenakan pakaian berwarna merah dan hijau, monumen ini terlihat seperti monster. Kabarnya, monumen ini dibuat untuk memberi peringatan kepada komunitas Yahudi di Bern. Tapi pastinya, patung ini akan selalu mengingatkan anak-anak di Bern untuk menjaga tingkah lakunya.

Baca Juga: Intip Rangkaian Pernikahan Crazy Rich Surabaya Jusup dan Clarissa, Awas Jangan Iri!


The Sinking Library, Australia

(Foto: Flickr)

“The Sinking Library” adalah perpustakaan Negara dengan bangunan bersejarah di jantung kota Victoria, Melbourne Australia. Bangunan karya seni aneh ini disahkan oleh dewan lokal sebagai bagian dari program seni kota.


Mano Del Desierto, Atacama Desert, Chile

(Foto: mybestplace)

Gurun Atacama bisa ditemukan di Kota Antofagata, Chile. Ada sebuah patung yang menjadi perhatian di gurun pasir tandus tersebut, yaitu Mano de Desierto atau lebih dikenal sebagai Hand of the Desert.

Patung berbentuk telapak tangan raksasa dari pasir yang menyeruak dari gurun. Seakan-akan ada orang yang terkubur di dalam gurun pasir. Patung aneh itu dibuat oleh pematung Chile bernama Mario Irarrazabal dengan tinggi mencapai 10,8 meter.

Saint Wenceslas Riding a Dead Horse, Republik Ceko

(Foto: likealocalguide)

Selama hampir 100 tahun, monumen Saint Wenceslas di Wenceslas Square, Praha jadi kebanggaan semua orang. Saint Wenceslas sendiri adalah lambang kebanggaan Bohemia. Tapi kini, keadaan sudah terbalik, Saint Wenceslas sudah kehilangan pamor.

Akhirnya, seniman bernama David Cerny pada 1999 membuat patung parodi dari monumen Saint Wenceslas. Ia membuat Saint Wenceslas Riding a Dead Horse. Jika di monumen asli Saint Wenceslas duduk gagah di atas kuda, maka monumen parodi ini adalah kebalikannya. David Cerny membuat monumen Saint Wenceslas duduk di perut kuda yang sudah mati.

Leshan Giant Buddha, China

(Foto: chinatourguide)

Leshan Giant Buddha, salah satu mahakarya mengesankan di wilayah Provinsi Sichuan, China.Secara geografis Leshan Giant Buddha merupakan salah satu situs yang tersimpan serta terawat dengan sangat baik di antara sederetan kawasan puncak pegunungan eksotik di bagian selatan pusat ibukota Provinsi Sichuan.

Leshan Giant Buddha merupakan sebuah situs berupa patung Buddha berukuran raksasa, yang dipahat pada dinding atau permukaan salah satu puncak tebing bebatuan di sekitar wilayah pegunungan Lingyun

The Hanging Man, Republik Ceko

Patung The "Hanging Man" (1997) menggambarkan patung psikolog kenamaan Sigmund Freud tergantung tak berdaya dengan satu tangan di atas atap bangunan. Patung karya seniman David Cherny itu menggambarkan Sigmund Freud dan perjuangannya dengan rasa takut akan kematian.

The Thumb, Prancis

(Foto: homeinladefense)

Monumen “The Thumb” (jempol raksasa) terletak di Paris, Prancis. "Le Pouce" (ibu jari), adalah kreasi artistik oleh pemahat Prancis terkenal César Baldaccini. Jempol besar ini dirancang pada 1965 dengan berat 18 ton dan tinggi 12 meter (39 kaki).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini