nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Melawan Rasa Takut Naik Pesawat, 8 Cara Ini Bisa Dicoba!

Pisca Azalea, Jurnalis · Rabu 28 November 2018 20:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 28 406 1984119 melawan-rasa-takut-naik-pesawat-8-cara-ini-bisa-dicoba-rg0DGUSXw6.jpg Ilustrasi hendak naik pesawat (Foto: Thecheatsheet)

RASA takut saat menaiki pesawat adalah hal yang umum dirasakan setiap orang. Apalagi untuk orang yang baru pertama kali menaiki pesawat. Rasa takut ini bisa dipicu karena pikiran akan terjadi sesuatu saat berada di dalam pesawat tersebut. Ada juga rasa takut yang disebabkan karena fobia ketinggian.

Hal ini akan membuat orang merasa khawatir, gelisah dan cemas saat menaiki pesawat. Dilansir dari Traveller 24, Rabu (28/11/2018) untuk membantu menangkal semua perasaan takut, kekhawatiran atau kecemasan, ada cara-cara di mana bisa melawan rasa takut tersebut, yakni:

BACA JUGA:

Efek Jarang Cuci Botol sampai Bersih, Bisa Timbulkan Penyakit Mematikan

Ketahui batas logika terkadang tidak rasional

Perlu diketahui bahwa perjalanan udara sangat aman, secara statistik itu jauh lebih aman daripada berpergian di jalan. Menurut David Ropeik, instruktur komunikasi risiko di Harvard University, kemungkinan Anda meninggal dalam kecelakaan mobil sekitar satu dari 5.000 peluang. Sementara risiko kematian dalam kecelakaan pesawat sekitar satu dalam 11.000.000 kejadian.

Meskipun ada kecelakaan fatal dan tragedi yang terjadi dalam kecelakaan pesawat, itu jauh dan sedikit risikonya. Jadi, jika rasa takut yang dipicu karena kecelakaan pesawat terasa nyata, ingatlah itu tidak rasional dan bisa menjadi langkah pertama untuk mengatasinya.

Fokuslah pada tujuan yang dinantikan

Sebelum menaiki pesawat, fokuslah pada sesuatu yang dinantikan saat mendarat di tujuan. Entah itu melihat orang yang dicintai atau suasana pemandangan yang dinantikan. Ini bisa menjadi cara untuk mengalihkan pikiran kekhawatiran atau cemas saat berada di dalam pesawat itu sendiri dan berpikirlah agar bisa sampai tujuan dengan selamat dari penerbangan dan menikmati apa yang sedang dinanti di depan.

Bicaralah dengan petugas

Para pramugari ada di sana untuk keamanan dan kenyamanan Anda, jadi jangan merasa ragu atau malu untuk mengakui perasaan kegelisahan, kekhawatiran atau ketakutan kepada mereka. Karena mereka dapat menenangkan Anda dari rasa takut itu.

Ketahui apa yang menjadi pememicu rasa takut

Kenali apa yang memicu perasaan cemas, apakah itu suara mesin pesawat atau karena suara pintu pesawat yang menutup. Setelah tau apa yang menjadi pemicu rasa takut Anda cobalah cari cara untuk meringankan rasa takut dari pemicu tersebut. Mungkin bisa dengan menggunakan headphone untuk menangkal suara yang membuat rasa cemas atau gemuruh itu. Dan fokuslah untuk mengatur serta menenangkan pernapasan Anda.

Buat diri Anda menikmati penerbangan

Untuk menangkal rasa takut selama penerbangan dan membuat diri menikmati penerbangan bisa dilakukan dengan membaca buku baru, mendengarkan lagu favorit. Hal ini akan membantu menghibur dan mengalihkan perhatian dari setiap stres dan kecemasan yang mungkin dialami selama penerbangan.

Percaya teknologi

Saat dalam penerbangan mungkin Anda akan merasa panik saat pesawat mengalami turbulensi. Turbulensi adalah kondisi perubahan kecepatan aliran udara yang menyebabkan goncangan pada badan pesawat.

Seorang pilot British Airways sekaligus penulis dari buku Flying With Confidence , mengatakan bahwa turbulensi adalah hal yang normal dan tidak berbahaya, anggap saja seperti mengemudi di atas jalan berbatu.

Oleh karena itu, janganlah merasa panik dan berpikir tejadi kerusakan pada mesin pesawat ketika mengalami turbulensi karena sebelum pesawat disetujui untuk melakukan penerbangan sudah pasti pesawat menjalani pengujian ketat secara menyeluruh untuk mengetahui kelayakannya. Selama mengikuti prosedur keselamatan dan menjaga diri tetap terikat dengan sabuk pengaman Anda akan aman.

 

Cobalah melakukan sesuatu

Beberapa orang yang mengalihkan rasa cemas saat menaiki pesawat. Mereka akan meremas bola stres untuk membantu menghilangkan rasa takut mereka saat dalam penerbangan.

Mungkin bisa juga dengan melakukan permainan interaktif atau tantangan kecil seperti teka-teki, kuis,atau sudoku yang membuat sibuk selama penerbangan.

 BACA JUGA:

Anne Avantie Terobos Pematang Sawah Becek Demi Sambangi Desainer Difabel, Videonya Viral

Bicaralah dengan seorang profesional

Jika Anda masih merasa tidak berdaya karena rasa takut saat terbang. Cobalah hubungi seseorang profesional yang mungkin dapat membantu dan memberi saran untuk menemukan cara mengatasi rasa takut yang Anda alami.

Perlu diketahui juga bahwa Anda tidak sendirian mengalami rasa takut saat penerbangan karena setidaknya ada satu orang yang juga mengalami ketakutan. Mulai sekarang ketika Anda mengalami ketakutan karena menaiki pesawat cobalah ikuti saran di atas. Semoga bermanfaat.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini