nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Idap Caudal Regression Syndrome, Bayi Ini Lahir dengan Kaki Terbalik

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 28 November 2018 08:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 28 481 1983814 idap-caudal-regression-syndrome-bayi-ini-lahir-dengan-kaki-terbalik-riEBHo2uNl.jpg Bayi terlahir cacat (Foto: Dailymail)

MEMILIKI kondisi fisik cukup langka, bayi ini dilahirkan dengan kaki terbalik ke belakang. Semula, ibunya yang bernama Fletcher disarankan untuk membatalkan kandungannya saat sudah berusia 20 pekan.

Hasil scan kandungan menunjukkan kondisi janin tampak spesial dan langka, bahkan jika janin tetap dipertahankan dia akan kesulitan dalam melakukan beberapa kegiatan, seperti berjalan, mengalami masalah ginjal, usus, dan kandung kemih. Namun, dengan tekad dan keberanian menerima segala risikonya, Fletcher pun tetap melanjutkan kandungannya dan melahirkan bayinya, dilansir Okezone dari laman Daily Mail, Rabu (28/11/2018).

Baca juga: Bella Hadid Santap Nasi Lemak, Ini 5 Fakta Menarik Makanan Bercita Rasa Gurih Itu

Singkat cerita Fletcher pun akhirnya melahirkan dan memberi nama anaknya Baron. Sebagai seorang ibu, dia ingin anak laki-lakinya dibesarkan seperti anak-anak pada umumnya dan tidak dibeda-bedakan.

"Kami tidak ingin dia dibesarkan berbeda dengan bayi lainnya," ungkap Fletcher.

Keistimewaan Baron tampak ketika ibunya memeriksakan kandungan. Saat itu ditemani ayahnya, Edward, Baron yang masih dalam kandungan sudah tampak perbedaannya. Hal ini pun dijelaskan oleh perawat yang memeriksa ibu Baron.

"Setelah melakukan scan diusia kandungan 20 pekan kami segera mulai bertanya-tanya apakah bayi ini memiliki kesempatan hidup," kata perawat.

Tidak cukup sampai di situ saja, Dokter juga menambahkan, Baron ternyata mengidap Caudal Regression Syndrome, yang memengaruhi perkembangan bagian tubuh. Baron tidak akan bisa berjalan karena kondisi kakinya yang terbaik, dia juga akan mengalami beberapa masalah kesehatan, seperti ginjal, usus, dan kandung kemih, bahkan Baron juga tidak punya bokong.

Fletcher mengungkapkan perasaannya ketika pertama kali melihat kondisi Baron. Dia merasa Baron adalah kenyataan yang harus dihadapi, kondisi fisiknya ternyata lebih istimewa daripada yang dia duga sebelumnya. Kaki Baron menurut Fletcher hampir sejajar dengan bahunya.

"Itu adalah momen yang sangat sulit, sekaligus pertama kali saya memeluknya. Seorang perawat bahkan ada yang mengatakan selama dia bekerja 25 tahun tidak pernah menemukan bayi dengan kondisi seperti ini," ucap Fletcher.

Fletcher dan Baron pun akhirnya diizinkan pulang. Tapi, tantangan sebagai ibu dari anak yang spesial harus dijalani Fletcher. Dia mengaku keluarga menghadapi tantangan setiap hari.

"Kami tidak bisa mendandaninya dengan benar karena posisi kakinya. Baron menunjukkan kemajuan tiap hari, tapi kami tidak yakin kualitas hidup yang akan dia miliki " tuturnya.

Fletcher dan suaminya bertekad untuk memberi Baron kehidupan terbaik yang mereka bisa dan bersikeras Baron akan diperlakukan tidak berbeda dari anak lain.

"Dia pasti akan berada di kursi roda. Kami telah menerima bahwa jika dia cacat kami akan membantu sebanyak yang kami bisa. Kami ingin memberinya kehidupan sebaik mungkin, dia dicintai oleh semua orang. Dia memiliki senyum yang indah dan mengharukan.Terlepas dari semua yang telah dia alami dan apa yang harus dia hadapi setiap hari, dia berubah menjadi anak kecil yang paling indah," tandasnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini