9 Benda di Rumah yang Bisa Bikin Anda Terserang Flu, Simak 9 Tips Mencegahnya!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 28 November 2018 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 28 481 1983900 9-benda-di-rumah-yang-bisa-bikin-anda-terserang-flu-simak-9-tips-mencegahnya-iWojMl8QeE.jpg Ilustrasi (Foto: Businessinsider)

MEMASUKI musim penghujan tentu banyak sekali kuman penyakit yang bertebaran di udara. Ya, salah satunya adalah kuman penyakit yang bisa menyebabkan flu. Sebagaimana diketahui, penyakit ini kerap muncul pada musim penghujan, di mana udara cenderung lebih dingin dan kondisi tubuh mulai menurun karena kehujanan.

Flu akan membuat seseorang merasa tidak nyaman. Pernapasan Anda akan tersumbat serta akan mengalami rasa pusing dan berat di bagian kepala. Tentunya, Anda semua pasti ingin menghindari penyakit yang satu ini. Namun, Anda harus mengetahui bahwa penyebaran penyakit ini sangatlah mudah dan cepat.

Apabila seorang anggota keluarga telah mengalami flu, tentunya Anda harus lebih berhati-hati dalam menjaga diri. Lalu apa saja tindakan yang perlu dilakukan? Melansir dari Times of India, Rabu (28/11/2018), Okezone akan membagikan tipsnya satu per satu:

1. Mencuci sprei

Mencuci sprei setelah mengalami flu adalah sebuah keharusan. Ada begitu banyak kuman yang bersembunyi di antara selimut, sarung bantal dan perlengkapan tidur lainnya yang membuat Anda berisiko tertular.

2. Membersihkan saklar lampu maupun gagang pintu

Sakelar atau pegangan pintu merupakan tempat berkumpulnya kuman penyakit. Bayangkan berapa banyak orang yang menekan saklar dan menyentuh gagang pintu? Tentunya sudah terbayang virus yang ada di benda-benda tersebut.

Ada baiknya jika Anda membersihkan benda-benda ini dengan pembersih bermutu tinggi untuk memastikan kemungkinan penyebaran kuman penyakit secara minimal.

3. Handuk

Kuman dan virus yang menyebar di udara memiliki peluang yang lebih tinggi untuk mati pada permukaan yang lebih kecil seperti tisu daripada handuk. Handuk akan memberi mereka lingkungan lembab untuk berkembang. Oleh karena itu, jika Anda mengalami flu atau batuk, tidak disarankan untuk berbagi handuk dengan orang lain.

handuk

4. Mencuci gelas dan mug

Gelas dan mug yang sudah terkontaminasi virus flu di wastafel dapat membuat Anda berisiko terkena infeksi. Cara yang aman untuk dilakukan adalah dengan mencuci tangan Anda dengan air dan mendisinfeksi handwash selama minimal 10-20 detik.

5. Pulpen dan pensil

Berhati-hatilah menggunakan barang yang umumnya bisa digunakan oleh siapa saja. Virus bertanggung jawab menyebarkan penyakit flu dan flu memiliki kemampuan untuk bertahan hidup di permukaan yang keras dan kecil seperti pena, pensil selama berhari-hari. Meskipun Anda tidak dapat mencuci tangan begitu sering, pastikan untuk membatasi kontak dengan benda-benda ini.

6. Remot TV

Menonton siaran televisi tentu sangat mengasyikkan, tetapi Anda harus berhati-hati untuk menyentuh remote. Sekali lagi, benda ini adalah sarang virus dan kuman untuk bertahan hidup. Tanpa sadar, remot telah dipegang oleh orang sakit. Membersihkan remot dan sering mencuci tangan disarankan untuk mengurangi risiko ini.

remote

7. Tempat sampah

Tempat sampah adalah benda yang paling berisiko menularkan penyakit. Jika tidak dibersihkan dengan benar, bahkan setelah Anda mengosongkannya, tempat sampah menggandakan risiko Anda terkena infeksi hingga 40%.

8. Keran air

Sama seperti sakelar, keran adalah satu-satunya benda yang sering disentuh orang sakit. Bahkan jika mereka mencuci tangan dan membiarkan kuman berkembang biak. Solusinya adalah dengan menyimpan tisu saniter di samping keran untuk menghentikan penyebaran infeksi.

9. Gagang sikat gigi

Walaupun sikat gigi Anda dilengkapi dengan pelindung sikat, ada kemungkinan Anda terinfeksi kuman karena sikat gigi disimpan bersama di tempat yang sama dengan orang lain. Ketika orang yang sakit menggunakan sikat gigi, kuman-kuman berpindah ke bulu-bulu dan ke sikat lainnya tetap berdekatan.

So, pertimbangkan untuk menjaga barang-barang kebersihan pribadi Anda secara terpisah, dengan anggota keluarga yang terinfeksi flu.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini