Ketahui Cara CPR, Pertolongan Pertama bagi Seseorang yang Mengalami Serangan Jantung

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 28 November 2018 17:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 28 481 1984080 ketahui-cara-cpr-pertolongan-pertama-bagi-seseorang-yang-mengalami-serangan-jantung-SGW935q56w.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

MANUSIA tidak bisa lepas dari berbagai macam penyakit. Penyakit bisa datang kapan saja, di mana saja dan menyerang siapa saja. Oleh sebab itu, sebagai manusia kita harus berhati-hati dan selalu bersiap bila penyakit tersebut menyerang.

Ya, sebagaimana diketahui sebagian besar kematian mendadak manusia disebabkan oleh serangan jantung. Oleh sebab itu, pengetahuan tentang cara memberikan pertolongan pertama pada seseorang yang mengalami serangan jantung, sangatlah diperlukan.

Salah satu metode sederhana yang dapat digunakan untuk seseorang yang pingsan akibat serangan jantung adalah Cardiopulmonary resuscitation (CPR). Metode ini tidak membutuhkan alat apapun, Anda hanya berbekal ilmu agar bisa menyelamatkan nyawa orang lain yang sedang kesulitan.

“Serangan jantung bisa saja terjadi pada siapa saja. Tidak hanya orang yang berolahraga, bisa saja tiba-tiba teman Anda pingsan di kantor. Jadi tidak ada salahnya mempelajari metode CPR yang baik dan benar,” tutur dr. Andi Kurniawan, SpKO saat dijumpai Okezone, di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa 27 November 2018.

pertolongan pertama

dr. Andi pun membeberkan cara melakukan CPR yang baik dan benar. Mulai dari posisi tangan, hingga cara menekan yang baik dan benar.

Ia menjelaskan bahwa seseorang yang mengalami serangan jantung harus direbahkan terlebih dahulu. Setelah rebah Anda harus menggunakan tangan terkuat untuk diletakkan di atas tulang dada korban yang mengalami serangan jantung.

Setelah posisinya tepat, mulailah tekan dada korban menggunakan kekuatan otot bahu. Metode ini dilakukan terus-menerus dengan tempo 100 hentakan/menit.

Setelah dirasa cukup, Anda bisa mencoba memberikan bantuan pernapasan dari mulut korban. Hentakan dada korban dengan tenaga yang cukup besar hingga menekan kurang lebih sedalam lima centimeter. Lanjutkan proses ini hingga pertolongan medis tiba atau hingga korban siuman.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini