nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kerap Kembung Setelah Makan? Hindari Konsumsi Sederet Sayuran Ini

Adinda Harum, Jurnalis · Rabu 28 November 2018 17:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 28 481 1984093 kerap-kembung-setelah-makan-hindari-konsumsi-sederet-sayuran-ini-DnYolBBjmX.jpg Brokoli sayuran penyebab perut kembung (Foto:Ist)

PERUT kembung bisa disebabkan oleh makanan-makanan tertentu dalam diet Anda, atau dengan makan terlalu banyak sekaligus. Ada banyak faktor yang mempengaruhi perut kembung. Dalam beberapa kasus, bahkan ada yang disebabkan oleh hal yang tak terduga.

Menurut NHS, perut kembung adalah kondisi umum yang mempengaruhi sebagian besar orang dibeberapa titik dalam hidup mereka. Memang menyebalkan bukan? Akibatnya perut Anda akan terasa bengkak dan tentu pasti tidak nyaman.

Umumnya, Anda akan berisiko terkena angin kencang dan sakit perut saat kembung. Untuk itu Anda harus menghindari salah satu sayuran yang dapat menyebabkan masalah perut kembung yang Anda alami, seperti dilansir Okezone dari Express, Rabu (28/11/18).

Yap! Sayuran brokoli adalah salah satu sayuran yang Anda harus hindari loh, pasalnya sayur ini memproduksi gas sehingga menyebabkan masalah di lambung. Brokoli termasuk sayuran yang mengandung serat larut, jenis serat yang sulit hancur dan apabila sampai di usus besar bisa menimbulkan gas.

“ Perlu Anda ketahui bahwa brokoli adalah sejenis sayuran cruciferous yang dapat menyebabkan kembung pada perut Anda,” menurut Stephanie Clairmont seorang ahli diet. Bukan hanya itu mereka mengandung belerang, yang dapat menjebol usus besar Anda untuk membuat hidrogen sulfida atau sejenis gas.

“ Sayuran yang mengandung karbohidrat juga tidak dapat dipecahkan dengan baik oleh perut manusia sehingga berlum tercerna,” ungkapnya.

(Baca Juga: Request Ingin Make-Up Tahan Lama, Perempuan Ini Malah Tak Bisa Hapus Riasannya!)

(Baca Juga: Penampilan Lucinta Luna di Video Klip Terbaru yang Dibilang Tiru Agnez Mo)

"Mungkin Anda pernah mendengar tentang sayuran silangan, sayuran yang dikenal menghasilkan bau belerang selama dimasak dan membuat bau di seluruh rumah Anda, ya itulah brokoli,” kata Clairmont di situs webnya.

Tidak hanya itu makanan yang mengandung belerang tinggi juga sangat bau gas. Sayuran crusiferous juga mengandung oligosakarida (rantai karbohidrat yang terdiri dari tiga hingga sembilan molekul gula sederhana yang disebut raffinose). Jenis sayuran cruciferous lainnya termasuk kale, kubis, lobak, dan kubis Brussel.

"Manusia tidak memiliki enzim untuk memecah raffinose, sehingga melewati lambung dan usus kecil tidak akan tercerna," tambahnya

Namun ahli diet telah mengungkapkan beberapa cara untuk mengurangi efek kembung. “Cobalah mengukus sayuran Anda daripada merebusnya, atau kurangi saja berapa banyak yang Anda makan,”tutupnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini