nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indro Warkop Ceritakan Awal Mula Istrinya Idap Kanker Paru

Abdul Razak, Jurnalis · Rabu 28 November 2018 18:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 28 481 1984163 indro-warkop-ceritakan-awal-mula-istrinya-idap-kanker-paru-KvbJgkMhPl.jpg Indro Warkop (Foto: Abdul Razak/Okezone)

PADA Oktober lalu istri dari pelawak Indro Warkop, Nita Octobijanthy meninggal dunia karena penyakit kanker paru yang menggerogoti tubuhnya. Indro menceritakan gejala-gejala yang dialami oleh istrinya hingga didiagnosis mengidap kanker paru stadium 4.

Salah satu pemain film Warkop DKI Reborn ini mengatakan, istrinya mengalami batuk yang terlalu sering setahun sebelumnya. Akhirnya, Indro membawa istrinya ke dokter THT untuk diperiksa. 

"Ada tindakan dari THT dengan cara membesarkan lobang hidungnya, lalu itu berpengaruh pada istri saya. Sekitar 1 minggu kemudian batuknya berkurang jauh, tetapi sehabis itu batuk-batuk lagi sampai akhirnya batuk tersebut enggak normal yang membuatnya kram perut," cerita Indro di Hotel Gran Melia Jakarta, Rabu (28/11/2018).

Setelah itu, Indro melarikan istrinya yang mengalami kram perut ke IGD. Setelah diperiksa, ternyata dideteksi ada kanker paru stadium 4, massanya kurang lebih 8 cm. Setelah itu, Indro selalu menemani istrinya menjalani perawatan hingga meninggal dunia.

indro warkop

Sebelumnya, istri Indro adalah seorang perokok aktif, bahkan lebih aktif daripada Indro. Tetapi Indro sudah berhenti semenjak 20 tahun yang lalu karena sadar akan bahayanya merokok.

Gejala kanker paru

Gejala kanker paru sering tidak terdeteksi, karena hampir menyerupai kondisi lain, seperti batuk yang dialami oleh istri Indro Warkop. Namun, batuk yang tidak seperti biasanya perlu diperisa ke dokter.

”Jika batuk lebih dari 4 Minggu harus periksa ke dokter, dan apabila lebih dari 8 Minggu masih batuk mungkin itu tanda dari penyakit ganas.’’ imbuh dr. Alex Ginting S,Sp (K).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini