nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Parfum Kedaluarsa Tetap Bisa Dipakai, Tergantung Cara Anda Merawatnya

Romeldo Christian, Jurnalis · Rabu 28 November 2018 11:49 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 28 611 1983909 parfum-kedaluarsa-tetap-bisa-dipakai-tergantung-cara-anda-merawatnya-zD88Cba7KM.jpg Parfum kedaluarsa tetap bisa dipakai (Foto:Ist)

WEWANGIAN atau yang biasa disebut parfum sudah menjadi hal penting bagi masyarakat sejak dulu. Setiap orang sudah menggunakan parfum untuk menjaga bau badan mereka tetap segar. Ada pula yang menggunakan parfum di pakaian sehingga wangi dan segar saat dipakai.

Macamnya pun banyak, ada yang terbuat dari buah-buahan segar dan ada pula yang yang terbuat dari kayu-kayuan. Tak jarang pula wangi-wangi pada parfum digabung dan menciptakan sebuah aroma yang baru sehingga dapat dipakai di suatu suasana yang tepat.

Penyegar bau badan ini juga memiliki daya tahan pada tubuh atau pakaian. Ada yang hanya bertahan selama tiga jam dan bahkan ada yang dapat bertahan seharian. Daya tahan parfum di badan atau pakaian ini tergantung pada kadar alkohol yang terkandung dalam parfum.

Tidak hanya berbentuk cairan, terdapat pula parfum yang berbentuk minyak dan sangat sedikit mengandung alkohol. Tentunya, tekstur dari parfum ini kental seperti minyak dan parfum jenis ini memiliki wangi yang dapat bertahan paling lama.

Namun, pernahkah Anda berpikir kapan parfum tersebut tidak dapat dipakai lagi? Apakah harus mengikuti tanggal kedaluarsanya? Jawabannya tidak. Seperti yang dilansir dari LiveAbout, Rabu (28/11/2018) parfum tidak dapat digunakan lagi saat baunya sudah tidak enak ketika diaplikasikan ke badan maupun baju. Jadi, parfum yang kedaluarsa belum tentu tidak bisa dipakai. Hal ini tergantung cara Anda merawat parfum tersebut.

(Baca Juga: Bella Hadid Terciduk Lahap Makan Nasi Bungkus)

(Baca Juga: Request Ingin Make-Up Tahan Lama, Perempuan Ini Malah Tak Bisa Hapus Riasannya!)

(Baca Juga: Penampilan Lucinta Luna di Video Klip Terbaru yang Dibilang Tiru Agnez Mo)

Memang, biasanya parfum akan berusia tiga sampai lima tahun. Tapi, sebenarnya bisa diperpanjang dengan bagaimana Anda merawatnya. Cairan parfum tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung. Maka dari itu, simpanlah parfum dalam ruangan yang bersuhu stabil dan normal. Namun, hal yang berbeda akan terjadi pada parfum yang memiliki wadah yang tidak transparan. Tentunya sinar matahari tidak akan merusak cairan parfum.

Namun, perlu pula diketahui bahwa parfum juga tidak cocok di tempat yang memiliki kelembapan yang tinggi. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak menyimpan parfum di kamar mandi. Simpanlah parfum di tempat yang bersuhu normal.

Jika sudah melewati tanggal kedaluarsa dan masih dapat digunakan, kapan tepatnya parfum harus berhenti digunakan? Dilansir dari LiveAbout, parfum tidak layak lagi digunakan jika sudah mengeluarkan bau yang tidak sedap. Jadi, jika parfum Anda sudah tidak mengeluarkan aroma yang sama dengan sebelumnya, berhentilah memakai parfum tersebut.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini