Dapur Anda Super Kecil? Coba Siasati dengan Tata Ruang Ini

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 29 November 2018 10:22 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 29 196 1984386 -grqRP7hUlV.jpg Ilustrasi Dapur. (Foto: Pineland)

DAPUR adalah salah satu bagian rumah yang memiliki banyak peralatan di dalamnya. Namun selain harus bersih, saat ini dapur banyak dimodifikasi sehingga tetap nyaman dan keren untuk dinikmati.

Pasalnya, semakin ke sini tren dapur bersih dan tetap terlihat estetik semakin banyak digemari. Makanya, tak heran jika penataan dapur mendapat perhatian khusus. Terlebih jika rumah Anda menerapkan konsep penuh.

Sayangnya, keinginan ini kadang terhalang ruang yang tidak begitu besar. Hal ini menjadi kendala Anda dalam menyempurnakan rumah impian. Tapi, memiliki ruang kecil untuk dapur ternyata masih tetap bisa disiasati, lho.

Seperti yang dijelaskan Design and Marketing Executive Cabinetry Division Som's Santoso Kitchen, Anna Maharddhika, Anda tidak perlu khawatir jika memiliki ruang dapur yang sangat kecil. Salah satu cara menyiasatinya adalah permainan kabinet.

Baca Juga: Intip 4 Gaya Busana Habib Bule , Habib Bahar Smith yang Ditolak Masuk Manado

"Jadi, usahakan untuk pilih rak yang tinggi dan banyak memiliki ruang di dalamnya. Ini bisa menyiasati bagaimana ruang kecil cukup untuk membuat dapur yang tetap berkonsep," paparnya pada Okezone saat ditemui di Showroom Som's Santoso Kitchen di Ariobimo Sentral.

Anna melanjutkan, untuk memberi sentuhan manis pada dapur kecil, Anda bisa juga bermain dengan pencahayaan. Jadi, sebisa mungkin pada ruang kabin yang di atas dipasangi lampu kecil dengan warna yang sedikit warm untuk memberi kesan hangat dan tentunya cantik.

Lalu, jika Anda ingin dapur kecil tersebut terlihat tidak padat, maka yang bisa dilakukan adalah dengan mengosongkan bagian dinding dan memberi ruang bebas. "Jadi, bisa dengan menempatkan kaca supaya ruang di seberangnya bisa tetap terlihat. Ini sangat baik untuk memberi kesan luas pada dapur kecil," ungkapnya.

Baca Juga: Penampilan Lucinta Luna di Video Klip Terbaru yang Dibilang Tiru Agnez Mo

 

Dia juga menambahkan, Anda juga bisa bermain dengan bagian bawah kabin. Sebisa mungkin buat banyak ruang penyimpanan. Atur juga perihal simetris kabin agar tetap menarik dilihatnya. Oh iya, kabin bagian atas usahakan untuk kaca saja untuk memberi kesan modern sekaligus menyiasati kabin dapur tidak terlalu sesak.

"Sekali pun ini dapur kecil, Anda juga tetap harus memastikan semua bagian dapur itu ada. Jadi, fungsi dari dapur itu benar-benar bisa dimanfaatkan dengan baik," tambah Anna.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini