nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hati-Hati! Ini 5 Tanda Kamu Sudah Terjerumus dalam Pertemanan Tidak Sehat

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 29 November 2018 21:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 29 196 1984679 hati-hati-ini-5-tanda-kamu-sudah-terjerumus-dalam-pertemanan-tidak-sehat-gKXuQaINp2.jpg Ilustrasi hubungan pertemanan (Foto: Niyathree Ayuverda)

PUTUS hubungan bukan hanya diperuntukkan bagi pasangan yang memadu kasih. Namun pilihan berpisah juga bisa jadi pilihan terbaik dalam sebuah pertemanan jika memang jalinan pertemanan yang dibangun adalah pertemanan yang tidak sehat.

Bingung apakah Anda berada di jalinan pertemanan yang sehat atau malah toxic atau dengan kata lain tidak sehat? Kenali tanda-tanda Anda ada di pertemanan tidak sehat, berikut ulasannya seperti diwarta Readerdigest, Kamis (29/11/2018).

BACA JUGA:

Berapa Lama Harapan Hidup Penderita Diabetes?

Tidak berbagi berita bahagia

Merasa ragu untuk bercerita di saat memiliki kabar baik? Sesimpel punya pacar baru? mendapat promosi jabatan, rumah baru, atau berita baik lainnya? Anda mungkin menutupi kebahagiaan karena teman-teman yang memiliki rasa cemburu, iri, kompetitif, atau beraura negatif ketika kita mengalami keberhasilan dan pencapaian.

Tidak punya kesempatan untuk bicara

Ketika ingin sekedar bercerita soal restoran baru yang enak, lalu tiba-tiba teman berkisah tentang dirinya yang pergi ke restoran baru tersebut dan hal lainnya di mana intinya ini adalah tanda teman yang kita miliki ini adalah tipe orang yang hanya ingin berbicara tentang dirinya sendiri dan membajak semua percakapan. Tetapi ketika giliran orang lain berbicara, ia nyaris tidak mendengarkan apa yang dikatakan. Tipe seseorang yang tidak mengerti bahwa persahabatan itu adalah hubungan timbal balik.

 

Kita membuat keputusan buruk saat berada di dekatnya 

Punya teman yang selalu mencoba mendorong diri kita untuk melakukan sesuatu yang buruk, misalnya merokok di saat Anda sedang usaha untuk berhenti, atau memaksa “minum” di saat ia tahu kita harus menyetir kendaraan sendiri? Teman sejati itu tidak pernah akan mendorong temannya sendiri untuk bertindak berbahaya yang merugikan. Sangat tidak sopan untuk menempatkan Anda dalam situasi di mana diri kita tidak nyaman atau malah mungkin melanggar hukum.

Tidak bisa dipercaya

Telah membuat rencana berbulan-bulan yang lalu untuk makan malam. Tiba-tiba, “teman” mengatakan dia harus bekerja lembur atau menawarkan alasan yang tidak jelas agar menjadi tidak datang, atau bahkan mungkin dia hanya melupakan rencana. Rencana gagal atau terkadang dilupakan memang ini terjadi pada semua orang. Tetapi siapa sih yang menginginkan teman yang selalu alias konsisten tidak menghargai waktu orang lain, notabene adalah temannya sendiri?.

 BACA JUGA:

Pelaminan Pengantin Melayang Viral, Netizen: Jabat Tangannya Kayak Gimana?

Selalu menempel

Tipe teman yang selalu membutuhkan kita untuk hangout di akhir pekan, selalu menginginkan masukan untuk setiap keputusan dalam hidupnya, selalu meminta kita jadi “cadangan” dirinya dalam hal pekerjaan, bahkan dapat mencapai titik kita merasa seperti dia mengendalikan atau posesif, karena selalu menuntut mengapa kita tidak selalu siaga terhadap dirinya. Melewati batas, di mana teman menjadi sangat bergantung sehingga menghabiskan seluruh waktu dan energi yang kita punya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini