nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soto Berkuah Terlalu Mainstream, Begini Tampilan Soto Kering

Salma Nafisa, Jurnalis · Kamis 29 November 2018 16:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 29 298 1984595 soto-berkuah-terlalu-mainstream-begini-tampilan-soto-kering-Hzkz7PdS1d.jpg Soto berkuah sudah biasa, ada soto tanpa kuah (Foto:Ilustrasi/Ist)

SOTO adalah makanan khas Indonesia yang hampir seluruh daerah di Indonesia mempunyai cara penyajiannya yang berbeda-beda. Misalnya seperti soto madura, soto kudus, soto lamongan, soto betawi dan masih banyak lagi jenis soto yang lainnya.

Biasanya soto memiliki beberapa potongan ayam di dalamnya, memakai bihun, serta berkuah. Namun, bagaimana jika ada soto yang tidak memakai kuah?

Belakangan ini, netizen di Instagram hangat membicarakan soal soto tanpa kuah. Nyatanya menu ini memang benar-benar ada. Okezone pada Kamis (29/11/18) menemukan video soto kering yang diunggah oleh akun @ojokngiler dan @ceritamedancom

Soto kering yang berada di akun @ojokngiler ini berasal dari daerah Klaten. Terlihat di dalam video di dalam satu piring itu terdapat nasi lalu diberi toge, seledri dan bawang daun, bawang goreng, ayam suwir, diberi kecap asin, dan terakhir diberi potongan ati ayam.

Kamu tidak perlu mengocek uang yang banyak loh, harga satu soto kering ini hanya Rp5.000-Rp10.000 saja! Harga Rp5.000 ini untuk soto polos, sedangkan harga Rp10.000 ini jika kamu ingin menambahkan ati ayam ke dalam soto keringmu ini. Tempat yang menyediakan soto kering ini diketahui berada di dalam pasar Delanggu Klaten, tokonya bernama Soto Garing Bu Yanti. Yummy kayanya enak banget ya guys!

Lalu ada lagi nih soto dari Medan, Sumatera Utara. Mereka juga biasa menyebutnya Soto Kering yang bertempat di Jl. Deli Tua Pamah. Tertulis dalam video pemilik akun yang bernama @ceritamedancom soto kering ini dibuat di sebuah warung makan yang bernama Warung Sehat.

Di dalam video juga terlihat adanya piring yang berisi nasi yang di atasnya daging, seledri, dan juga kacang. Keunikan dari soto kering khas Medan ini menggunakan sedikit kuah seperti rendang yang dipadukan dengan sambal teri dan tempe, dan kuah tersebut dilumuri di atas soto yang berisikan suwiran ayam. Hmmm bagaimana ya rasanya?

Warung Soto Sehat ini sudah ada sejak 1978 hingga saat ini, warung ini juga buka pada pukul 05.00-13.00 WIB. Karena soto kering ini hanya disajikan untuk sarapan pagi-siang saja. Soto ini juga tergolong sangat bersahabat dengan kantong kamu, satu porsi soto kering khas medan ini juga hanya seharga Rp8.000 saja loh!

Nah dari kedua kuliner soto kering yang sudah dijelaskan di atas semoga bisa menjadi pilihan perburuan kulinermu untuk pekan ini ya guys. Selamat mencoba!

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini