nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Cara Bikin Ayam Goreng Renyah Sempurna, Kriuk di Mulut

Romeldo Christian, Jurnalis · Jum'at 30 November 2018 04:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 29 298 1984744 5-cara-bikin-ayam-goreng-renyah-sempurna-kriuk-di-mulut-jDjCHifQbM.jpg Ilustrasi (Foto: Perdue)

AYAM goreng adalah hidangan yang sangat mudah dihidangkan di rumah. Namun, apakah Anda sempat merasa ayam goreng di luar lebih enak dari pada yang dibuat di rumah? Dan karena itu Anda membeli ayam goreng di luar untuk mendapatkan cita rasa yang lebih.

Padahal, jika meningkatkan cara memasaknya, ayam yang Anda goreng di rumah dapat lebih enak dari ayam goreng yang dijual di restoran mana pun. Lalu, bagaimana caranya agar aym goreng lebih enak dan lebih optimal rasanya?

Berikut Okezone lansir dari Today, Kamis (29/11/2018), bagaimana mengoptimalkan ayam goreng yang Anda masak di rumah:

1. Potong dengan ukuran yang sama

Tentunya Anda akan memasak ayam dalam jumlah yang lebih dari satu karena ingin memberikannya kepada anggota keluarga lainnya. Oleh karena itu, potonglah ayam dengan ukuran yang sama agar waktu matangnya pun bersamaan. Potong dada yang memiliki ukuran besar menjadi dua bagian agar sama dengan ukuran sayap dan paha.

 (Baca Juga:Pencinta Nasi Padang Merapat, Pemprov Sumbar Gelar Nusantara Marandang Akhir Pekan Ini di Jakarta)

2. Berikan marinasi

Jika Anda menginginkan daging ayam memiliki rasa yang lebih kaya, lakukanlah marinasi. Lumuri daging ayam dengan garam, gula, atau bahan pedas lainnya. Diamkan selama beberapa menit. Akan lebih maksimal jika didiamkan selama satu hari, tapi jangan sampai lewat dari dua hari. Jika ingin membuat ayam lebih empuk dan lembut, tambahkan susu mentega pada proses marinasi.

3. Tambahkan rempah-rempah

Lapisi ayam dengan beberapa rempah-rempah yang Anda sukai. Dapat juga melapisi dengan bumbu cabai yang lebih banyak agar menciptakan kepedasan yang lebih nendang. Tujuan dari tahap ini agar kulit luar ayam memiliki rasa yang lebih dan menciptakan cita rasa yang unik pada gigitan pertama.

 (Baca Juga:Kulineran di Musim Hujan, Ini 5 Rekomendasi Tempat Makan Bakmi Godog di Jakarta)


4. Masak dengan suhu yang tepat

Walaupun sudah dibumbui dengan seribu macam bahan, ayam tidak akan enak jika dimasak dengan suhu yang salah. Suhu adalah kunci kelezatan dari masakan ayam Anda. Pastikan pula minyak yang akan digunakan sudah panas merata. Lalu, angkat pula ayam dengan waktu yang tepat, yaitu saat kulit luarnya matang kecoklatan.

 (Baca Juga:Pelaminan Pengantin Melayang Viral, Netizen: Jabat Tangannya Kayak Gimana?)

5. Jangan gunakan tisu untuk menyerap minyak

Jika bahan dari tisu bersentuhan dengan ayam yang Anda buat, ayamnya akan menjadi alot dan bertekstur tidak sempurna. Gunakanlah jaring besi untuk menyaring minyak. Biarkan minyak turun dari ayam melalu jarring dan jatuh.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini