nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Tahun Berturut-turut Dinobatkan Jadi Makanan Terlezat di Dunia, Kemenpar Terapkan Standar Promosikan Rendang

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 29 November 2018 23:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 29 298 1984798 4-tahun-berturut-turut-dinobatkan-jadi-makanan-terlezat-di-dunia-kemenpar-terapkan-standar-promosikan-rendang-bpQcK7EKvC.jpg Ilustrasi (Foto: CNN)

INDONESIA memiliki potensi kuliner yang sangat besar untuk dikembangkan. Bahkan, sejak tahun 2014 lalu, salah satu kuliner khas Minangkabau, rendang, dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia versi kantor surat kabar Internasional.

Hal ini secara tidak langsung membuktikan bahwa kuliner Nusantara mampu bersaing di kancah internasional. Berbicara soal rendang, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata sebetulnya selalu mempromosikan hidangan tersebut saat mengikuti event-event berskala dunia.

Kendati demikian, Ketua Tim Percepatan Wisata Belanja dan Kuliner Kemenpar, Vita Datau Messakh, tidak memungkiri pihaknya harus menerapkan standar khusus agar rendang dapat diterima di lidah wisatawan atau warga asing. Ini bukan perkara yang mudah mengingat rendang sendiri memiliki 400 jenis yang berbeda-beda sesuai dengan daerah asalnya.

 (Baca Juga:Soto Berkuah Terlalu Mainstream, Begini Tampilan Soto Kering)

Namun untuk mempromosikan hidangan tersebut, Vita sepakat olahan rendang yang dipilih harus yang sudah familiar dengan lidah konsumen.

“Dari seluruh dunia, rendang yang paling familiar, rendang ikan, ayam, dan daging. Sekarang standar yang kita gunakan adalah rendang daging sapi. Pelan-pelan kita juga mau menginformasikan kepada dunia bahwa rendang itu bukan hanya sekadar produk makanan, melainkan proses memasak. Jadi nantinya bumbu rendang bisa dimasak juga dengan daging lokal yang ada di suatu negara,” tutur Vita Datau saat ditemui Okezone, di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (29/11/2018).

Vita kemudian mengambil contoh strategi promosi yang telah dilakukan oleh pakar kuliner Indonesia, William Wongso. Pria berusia 71 tahun itu selalu membawa bumbu rendang setiap melakukan kunjungan ke luar negeri.

 (Baca Juga:5 Tips Praktis Bikin Olahan Mi Instan Jadi Lebih Lezat dan Menyehatkan)

Bukan tanpa sebab, bumbu itulah yang digunakan William sebagai alat diplomasi saat bertemu dengan penduduk lokal. Selain ampuh dalam membuka relasi, cara ini juga dianggap dapat mempromosikan kuliner asli Indonesia di dunia.

“Om William itu selalu bawa bumbu rendang kalau ke luar negeri. Bumbu itu pernah ia gunakan untuk memasak daging bison ketika berkunjung ke Afrika. Ini menarik, karena pada dasarnya rendang itu adalah proses memasak bukan hanya sekadar produk makanan. Jika dilakukan secara konsisten, rendang bisa jadi kuliner paling populer di dunia,” tukasnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini