nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta Unik Rendang yang Bakal Bikin Kamu Terkaget-kaget!

Blenda Azaria, Jurnalis · Jum'at 30 November 2018 07:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 29 298 1984811 fakta-unik-rendang-yang-bakal-bikin-kamu-terkaget-kaget-alNLpbcyG7.jpg Rendang (Foto: Smokeandumami)

MASAKAN padang kerap menjadi makanan favorit banyak orang di Indonesia. Masakan padang terkenal memiliki bumbu dan cita rasa yang khas. Bicara soal masakan padang, pasti Anda tahu salah satu sajian andalan masakan padang, yaitu randang.

Mungkin Anda salah satu penggemar masakan padang, tapi jangan ngaku sebagai fans masakan padang kalau belum tahu 5 fakta unik rendang berdasarkan penuturan Andre Setiawan, S.STP.,M.PA. selaku Kepala Badan Penghubung Provinsi Sumatera Barat ini!

Istilah awalnnya randang bukan rendang

Andre menyebutkan nama asli rendang adalah randang, bukan rendang. “Ada hal dasar yang perlu kita luruskan pertama sekali, karena rendang sendiri bukanlah istilah aslinya, istilah aslinya adalah randang. Nama ini bukan datang tiba-tiba, tapi (randang) adalah hasil dari proses marandang. Jadi marendang ini merupakan proses yang lama, ada tahap-tahapannya. Dalam memasak rendang itu ada proses dari gulai menjadi kalio, baru terakhir menjadi randang,” ujar Andre saat ditemui di Jakarta Pusat, Kamis 29 November 2018.

Empat tahun berturut-turut sebagai makanan terlezat di dunia

Sebagai warga Indonesia yang sering makan randang, kita harus berbangga hati karena ternyata masakan yang kita makan itu dinobatkan menjadi makanan terlezat di dunia selama 4 tahun berturut-turut oleh salah satu kantor berita internasional, lho!

 Menurut Andre, rendang mengandung 4 unsur utama, yaitu daging, santan, cabai, dan bumbu-bumbu.

Filosofi randang

Selain nama asli randang, banyak dari kita yang belum tahu filosofi rendang itu sendiri. Menurut Andre, rendang mengandung 4 unsur utama, yaitu daging, santan, cabai, dan bumbu-bumbu.

Daging menggambarkan ninik mamak atau orangtua atau orang yang dituakan dalam masyarakat adat Sumatera Barat. Lalu santan mewakili cendekiawan atau kalangan-kalangan pemikir. Ketiga, ada juga lada atau cabai yang memiliki filosofi sebagai kalangan agamawan atau ulama yang tegas dalam mengajarkan syariat agama dan menegakkan agama di Sumatera Barat. Terakhir, ada bumbu-bumbu yang mewakili masyarakat banyak.

400 resep yang berbeda

Satu hal yang membuat membuat masakan khas Minangkabau ini unik adalah terdapat banyak sekali resep yang berbeda. Resep yang berbeda-beda ini berdasarkan wilayahnya masing-masing.

“Setiap daerah di Sumatera Barat memiliki cita rasa yang berbeda. Misalkan rendang yang dibuat di daerah pinggir pantai itu biasanya rendang ikan atau lokan. Lokan itu semacam kerang. Kalau rendang yang dibuat di wilayah tidak dekat pantai biasanya adalah rendang telur, rendang sapi, dan segala macam,” jelas Andre.

Selain itu, rendang untuk acara adat akan berbeda resepnya dengan rendang untuk acara sunatan. Namun menurut Andre, resep rendang yang asli memiliki warna kehitam-hitaman.

Tahan lama

rendang dibuat melalui proses yang cukup lama dan disebut marandang. Marendang merupakan proses karamelisasi dari masakan yang tadinya berkuah hingga kering dan meresap. Hal ini lah yang membuat rendang bisa tahan lama.

Menurut Andre, rendang biasanya tahan sampai 2 minggu, semakin lama disimpan rendang akan makin meresap. Tapi bukan berarti rendang tidak bisa basi, ya!

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini