nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Di Era Serba Digital, Aparatur Sipil Negara Sekarang Harus Milenial

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 29 November 2018 14:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 29 406 1984518 di-era-serba-digital-aparatur-sipil-negara-sekarang-harus-milenial-to7TwrEMS1.jpg Generasi digital generasi milenial (Foto:Ist)

APA yang ada di benak Anda ketika mendengar abdi negara atau aparatur sipil negara (ASN)? Orang yang kaku dan sangat disiplin terkait birokrasi?

Persepsi seperti itu tidak salah. Sebab, beberapa institusi pemerintah masih sangat kaku dan ini yang membuat Anda sangat sulit menemukan abdi negara yang "nyentrik". Ya, beberapa ada tapi belum menjadi hal yang biasa.

Tapi, siapa sangka Menteri Pariwisata RI Arief Yahya punya pandangan sendiri terkait hal ini. Menurutnya, ASN sekarang semakin milenial.

 Intip 4 Gaya Busana Habib Bule , Habib Bahar Smith yang Ditolak Masuk Manado

"Milenial adalah generasi yang digital dan pemerintahan kita sudah mengarah ke sana," terangnya pada Okezone saat diwawancarai di HUT Korpri Ke-47 di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (29/11/2018).

Menteri Arief menjelaskan bahwa sekarang itu era digital. Tantangan terbesarnya adalah kecepatan. Siapa yang tidak cepat, maka dia akan tertinggal.

Hal ini juga dia berlakukan di institusinya. "Kalau yacht masuk satu jam ke negara kita, maka yang lainnya juga satu jam. Investasi orang masuk ke suatu negara 3 jam, kita juga harus 3 jam," paparnya.

Tidak kalah penting, yang mesti diperhatikan di sini ialah birokrasi pemerintah mesti disederhanakan. Hal ini juga sesuai dengan amanat Presiden Joko Widodo.

"Kalau bangsa ini bisa memaksimalkan digital dan teknologi, hal itu bisa memperkokoh bangsa dan Indonesia bisa menjadi bangsa yang besar," ucap Presiden Jokowi dalam sambutannya di acara yang sama.

Kembali ke Menteri Arief, untuk kemudian bisa menjadi tidak berbelit-belit, yang mesti dilakukan adalah jangan banyak peraturan. Ini yang kemudian membuat birokrasi terasa sebagai pengganjal dan susah majunya.

 Gaya Nongkrong Manja Lucinta Luna Nikmati Gemerlap Malam Ibu Kota

Menteri Arief menambahkan, sebuah institusi pemerintah mesti punya pesaing. Ini yang kemudian mendorong kinerja menjadi lebih baik.

"Pesaing Kementerian Pariwisata adalah kementerian pariwisata negara lain. Apa yang sudah dilakukan kita dan apa yang sudah dilakukan negara lain mesti dibandingkan, dengan begitu kita tahu capaian kita," ujarnya.

Perlu Anda ketahui, Kementerian Pariwisata RI sudah terpilih sebagai 'Kementerian Pariwisata Terbaik di Dunia' menurut TTG Travel Awards 2018.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini