nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Kurangi Risiko Diabetes, Aneka Makanan Ini Perlu Dikonsumsi Rutin

Adinda Harum, Jurnalis · Kamis 29 November 2018 11:56 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 29 481 1984441 ingin-kurangi-risiko-diabetes-aneka-makanan-ini-perlu-dikonsumsi-rutin-LKFDfr6cT5.jpg Ilustrasi (Foto: Express)

MEMANG diabetes adalah penyakit yang paling ditakuti di dunia, tapi bukan berarti Anda tak bisa lepas dari penyakit ini. Anda masih bisa menurunkan tingkat risiko dengan membuat beberapa perubahan pola makan atau gaya hidup.

Mungkin tidak mudah untuk mengubah gaya hidup bagi sebagian orang, tetapi secara perlahan masih bisa diubah. Dengan cara ini, Anda dapat mengurangi risiko atau bahkan mencegah gejala penyakit yang disebut juga gula darah tinggi.

Salah satu cara mengurangi risikonya adalah dengan makan lebih banyak “superfoods”. Kali ini Okezone akan mengulas makanan yang dapat menurutkan tingkat risiko pada penderita diabetes yang dikutip dari Express, Kamis (29/11/19). Simak yuk penjelasanya!

Utamanya adalah Anda harus membuat beberapa pola makan kecil yang bisa memangkas risiko diabetes. Telah terungkap salah satu makanan terbaik untuk penderita diabetes adalah alpukat.

“Alpukat merupakan sumber lemak dan serat yang sehat, serta mineral magnesium,” ungkap Dr Joseph Mercola

Baca Juga: Pesona Kecantikan Anisha Kalebic, Wanita yang Ditaksir Pangeran Brunei Darussalam

Menambahkan buah ke dalam diet Anda juga dapat membantu untuk mencerna karbohidrat lebih lambat dan tentunya bisa menurunkan risiko lonjakan gula darah. Kareanya, Dr Mercola menjelaskan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya magnesium harus jadi bagian dari pesien diet maupun diabetes.

alpukat

Selain buah alpukat, ada makanan lain yang harus Anda konsumsi yaitu biji bunga matahari, biji labu serta sayur bayam. Pasalnya, mereka juga kaya akan magnesium.

”Kekurangan magnesium dapat meningkatkan risiko resistensi insulin, karena memainkan peran penting dalam metabolisme karbohidrat dan glukosa," kata Mercola, di situs webnya. Selain itu, tubuh Anda membutuhkan magnesium lebih dari 300 untuk proses biologi dan kimia alami tubuh lainnya, jadi pastikan Anda mendapatkan dengan cukup.

(Baca Juga: Intip Ramalan Cintamu di Bulan Desember)

Selanjutnya, bayam memang kaya akan magnesium tapi, juga kuat dengan potasium. “Kadar [potassium] yang rendah telah dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes dan komplikasi diabetes," tutur Mercola.

Sedangkan bayam yang telah dimasak menyediakan sekira 839mg potasium dalam satu cangkir. Catatan, semua orang dewasa harus mengonsumsi sekira 3.500mg potasium setiap hari.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini