Berapa Lama Harapan Hidup Penderita Diabetes?

Risda Nadiva, Jurnalis · Kamis 29 November 2018 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 29 481 1984546 berapa-lama-harapan-hidup-penderita-diabetes-oYjxZ06L6y.jpg Ilustrasi diabetes (Foto: Netdoctor)

DIABETES dapat menyebabkan komplikasi masalah kesehatan yang serius dan berdampak pada harapan hidup seseorang. Berapa lama usia penderita penyakit ini tergantung pada beberapa faktor, diantaranya; tingkat keparahan; komplikasi tambahan; dan respon terhadap obat-obatan tertentu.

Kebanyakan penderita penyakit diabetes ingin mengetahui apakah kondisinya memengaruhi berapa lama dan kualitas hidup mereka. Salah satu hal terpenting untuk mengurangi hal tersebut adalah menjaga kadar gula darah agar tetap sehat dan normal.

Melansir Medicalnewstoday pada Kamis (29/11/2018), sebuah laporan pada 2010 oleh Diabetes UK mengklaim diabetes tipe-2 mengurangi harapan hidup sebanyak 10 tahun. Laporan yang sama juga menyatakan penderita diabetes tipe-1 angka harapan hidupnya berkurang sebanyak dua kali lipatnya.

 BACA JUGA:

Bukan untuk Sobat Misqueen, Ini Sederet Hotel Bintang 5 yang Bisa Jadi Staycation di Musim Hujan

Selain itu, hasil studi lain oleh University of Pittsburgh yang diterbitkan pada 2012 mencatat, orang dengan diabetes tipe 1 yang lahir setelah 1965 memiliki harapan hidup selama 69 tahun.

Orang-orang dengan diabetes tipe-1 dalam banyak kasus, termasuk bagi penderitanya yang berusia muda kemungkinan bisa mengembangkan penyakitnya dibanding yang terkena diabetes tipe-2.

 penderita diabetes tipe-2 juga bisa bernapas lega karena konsumsi metformin sedikit bisa meningkatkan harapan hidupnya.

Meskipun orang yang menderita tipe-2 diabetes lebih lambat perkembangan penyakitnya, tapi tidak menutup kemungkinan penderita penyakit dengan tipe ini juga memiliki risiko kematian yang lebih tinggi. Namun,penderita diabetes tipe-2 juga bisa bernapas lega karena konsumsi metformin sedikit bisa meningkatkan harapan hidupnya.

Selain itu, jika seseorang memiliki masalah penyakit atau kondisi lain juga bisa memengaruhi harapan hidupnya disamping menderita diabetes. Risiko kematian yang terkait dengan diabetes tipe 2 dapat dikurangi karena; penyaringan; obat-obatan; dan kesadaran yang lebih baik. Namun, peningkatan perawatan diabetes dalam beberapa dekade terakhir menunjukkan bahwa orang dengan diabetes tipe 1 sekarang hidup secara signifikan lebih lama.

 BACA JUGA:

Bernostalgia tentang Masa Kecil Bisa Kurangi Stres

Sangat disarankan untuk menerapkan gaya hidup sehat, diet seimbang, menurunkan berat badan, dan mengurangi stres untuk membantu menjaga tekanan darah dan kolesterol tetap diambang batas normal untuk meningkatkan sirkulasi darah yang baik.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini