nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penasaran Kenapa Bisa Alami Deja Vu? Ini 4 Alasan Utamanya

Bagas Taruna , Jurnalis · Kamis 29 November 2018 18:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 29 481 1984574 penasaran-kenapa-bisa-alami-deja-vu-ini-4-alasan-utamanya-QgIWRQtwFc.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PERNAHKAH Anda mengalami kejadian yang dirasa sudah pernah disinggahi atau temui sebelumnya, meskipun pada kenyataannya kejadian tersebut baru pertama kali terjadi.

Kejadian seperti ini, biasanya disebut juga dengan déjà vu. Dikutip dari Bustle, Kamis (29/11/2018), déjà vu berasal dari bahasa Prancis yang artinya sudah pernah terlihat, walaupun Anda belum merasa pernah melihat apa yang baru dilihat.

Fenomena ini pun banyak mengusik pikiran orang-orang yang mengalaminya. Tentu saja, siapa sangka déjà vu erat kaitannya dengan fungsi otak.

Seorang profesor neurologi dari Washington, Dr, James Giordano, mengatakan bahwa déjà vu terjadi karena otak sedang menggunakan sel untuk proses “cepat” dari sensasi dan memori baru, serta proses “lambat” dari memori lama dan pengalaman sekarang.

Baca Juga: Gaya Nongkrong Manja Lucinta Luna Nikmati Gemerlap Malam Ibu Kota

Proses ini mencakup beberapa sel dalam otak, termasuk daerah sensorik korteks yang berfungsi pada penglihatan, pendengaran, peraba, penciuman, dan sebagainya.

Memang sedikit membingungkan untuk memahaminya. Namun, ada beberapa alasan dari para ahli mengapa Anda bisa mengalami déjà vu:

1. Otak tidak sinkron

Menurut Dr. Giordano, walau kedua sel yang disebutkan sebelumnya bekerja secara harmonis, terkadang mereka bisa eror. Ini bisa terjadi karena suatu kondisi yang Anda temui sedang memicu sel yang memproses “cepat” begitu kuat, namun bertabrakan dengan proses “lambat” beberapa detik kemudian.

2. Saraf sedang tidak cocok

Karena otak pun sebenarnya tidak sempurna, ada kemungkinan ketidakcocokan pada neurologik atau saraf otak yang mengacaukan memori Anda.

Baca Juga: Pesona Kecantikan Anisha Kalebic, Wanita yang Ditaksir Pangeran Brunei Darussalam

3. Pertanda Anda masih muda

Sekira 60-70 persen déjà vu dari sering dialami oleh orang yang lebih muda. Walaupun, tidak bisa dipungkiri bahwa orang yang sudah berumur juga bisa mengalami déjà vu.

4. Otak Anda bekerja

Nah, menurut Dr. Giordano, déjà vu adalah pertanda baik yang bisa mencerminkan tingkat dan kecepatan kemampuan otak dari suatu individu untuk memproses memori. Maka, ketika Anda mengalami déjà vu kembali, nikmatilah karena fenomena ini jarang terjadi.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini