nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Orangtua Memberi Makan Pengaruhi Berat Badan Anak

Yosua Tobing, Jurnalis · Jum'at 30 November 2018 05:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 29 481 1984685 cara-orangtua-memberi-makan-pengaruhi-berat-badan-anak-0gP3xL7U6V.jpg Ilustrasi (Foto: Timesnownews)

HUBUNGAN antara orangtua dengan anak memang sangat dekat. Orangtua cenderung mengadopsi gaya makan sebagai respon terhadap berat badan alami anak-anak mereka yang sebagian besar karena genetis.

Penelitian terbaru menunjukan, gagasan bahwa berat badan seorang anak sebagian besar mencerminkan cara orangtua memberi mereka makan. Dengan obesitas pada tingkat kritis, peneliti mencari faktor lingkungan yang dapat menjelaskan mengapa lebih banyak anak mengalami kelebihan berat badan.

Cara orangtua memberi makan anak mereka dianggap sebagai pembentuk kuat perilaku makan pada anak. Pembatasan dianggap menyebabkan kenaikan berat badan, karena anak-anak makan terlalu banyak ketika pembatasan tidak lagi berlaku.

Diterbitkan dalam PLOS Genetics, peneliti hubungan antara kecenderungan genetik anak terhadap berat badan yang lebih tinggi atau lebih rendah dan pemberian makan orangtua mereka. Telah diketahui bahwa berat badan memiliki dasar genetik yang kuat hingga 80 persen antar orang-orang yang dicatat oleh faktor genetik.

suapi anak

Menurut para peneliti, menunjukkan bahwa orangtua mengembangkan praktik makan mereka dalam menanggapi kecenderungan alami anak mereka terhadap berat badan yang lebih tinggi atau lebih rendah. Cara orangtua memberi makan anak mereka juga dapat mempengaruhi berat badan anak mereka sampai batas tertentu.

Studi ini termasuk data dari sekira 4.500 pasangan kembar yang lahir di Inggris dan Wales antara pada 1994 hingga 1996. Para peneliti menemukan bahwa banyak gen yang mempengaruhi perbedaan individu dalam berat badan anak-anak juga mempengaruhi perilaku pemberian makan orangtua, sehingga gen yang terkait dengan berat badan yang lebih tinggi dikaitkan dengan praktik pemberian makan yang membatasi sedangkan yang lebih rendah dikaitkan dengan penekanan makan.

"Hasil ini menunjukkan bahwa orangtua bukan 'cerita lengkap' dalam hal berat badan anak, dan menyalahkan orangtua karena terlalu mengontrol makan mungkin tidak adil. Namun, tidak jelas apakah strategi ini bermanfaat, berbahaya, atau tidak ada konsekuensi terhadap berat badan anak dalam jangka panjang," pungkas Dr Clare Llewellyn, penulis senior studi ini yang dikutip dari Deccanchronicle.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini