nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Belum Tentu Keracunan, Anak Muntah Bisa karena Banyak Penyakit

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 29 November 2018 19:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 29 481 1984718 belum-tentu-keracunan-anak-muntah-bisa-karena-banyak-penyakit-4cU1eej2Y3.jpg Ilustrasi Diare. (Foto: Homeveda)

SALAH satu hal yang sering dikhawatirkan para orangtua adalah ketika anaknya sering muntah. Ketika si kecil mengalami, biasanya jadi satu gejala bahwa mereka mengalami suatu masalah penyakit.

Muntah merupakan salah satu gejala pasti diakibatkan oleh sesuatu hal. Misalnya terjadi penyumbatan di saluran cerna, yang ujung-ujungnya memicu diare.

Menurut Spesialis Anak Dr dr Ariani D Widodo SpA(K), anak yang sering muntah bisa disebabkan oleh berbagai hal. Tak cuma kena gangguan pencernaan, tetapi juga dapat menderita gejala lain.

Baca Juga: Intip 4 Gaya Busana Habib Bule , Habib Bahar Smith yang Ditolak Masuk Manado

"Anak muntah bisa kena penyumbatan di saluran kena, diare atau sakit tenggorokan atau infeksi saluran kemih. Dari semua penyakit itu gejala awalnya pasti muntah," ujar dr Ariani ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (29/11/2018).

Dokter Ariani menjelaskan, ketika anak muntah gara-gara diare, biasanya karena adanya serangan bakteri jahat di usus. Namun hal ini dapat dicegah dengan pemberian jenis makanan yang tepat.

Dia menegaskan, makanan yang mengandung sumber probiotik jadi pencegah gejala anak muntah. Probiotik ini sama dengan sumber bakteri baik yang menjaga usus. "Kalau misalnya diare disebabkan karena banyak bakteri jahat, terapinya bisa diberikan probiotik yang seimbang dan bisa mencegahnya," bebernya.

Baca Juga: Berapa Lama Harapan Hidup Penderita Diabetes?

Namun yang jelas, tegas dr Ariani, sebelum si kecil jadi sering muntah, baiknya diberikan makanan probiotik. Tak hanya baik untuk pencernaan, tapi juga bikin sistem kekebalan tubuh anak meningkat.

Adapun sumber makanan terbaik yang mengandung probiotik antara lain tempe, susu, keju, yoghurt, bawang putih, asparagus, serta beberapa pilihan makanan lainnya yang sudah sehat dan teruji klinis, serta aman dikonsumsi oleh anak-anak.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini