nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Priyanka Chopra Akan Lebih Cepat Mati Jika Nikahi Nick Jonas, Kok Bisa?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 30 November 2018 10:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 30 196 1984907 priyanka-chopra-akan-lebih-cepat-mati-jika-nikahi-nick-jonas-kok-bisa-4K6dXs3s0T.jpg Nick Jonas dan Proyanka Chopra. (Foto: Business Today)

PASANGAN Priyanka Chopra dan Nick Jonas akhirnya memutuskan untuk menikah hari ini, 30 November 2018 di India. Pernikahan mereka pun bukan tanpa pro kontra, lantaran perbedaan usia keduanya yang cukup jauh, apalagi sang pria lebih muda dari pasangannya.

Rasanya sulit untuk menerima fakta bahwa Nick Jonas yang berusia 26 tahun mau mempersunting Priyanka Chopra yang usianya sudah 36 tahun. Tapi, bagaimanapun cinta yang akhirnya mengikat mereka dan bakal jadi pasangan sehidup semati.

Lepas dari hal tersebut, Okezone menemukan fakta bahwa jika seorang perempuan menikahi pria yang usianya lebih muda, itu akan mengancam nyawa si perempuan!

Seperti yang dijelaskan dalam laman The Guardian, untuk bisa mendapatkan umur panjang, Anda sebaiknya menikahi orang yang seumuran.

Baca Juga: Pesona Kecantikan Anisha Kalebic, Wanita yang Ditaksir Pangeran Brunei Darussalam

Bagaimana kalau kondisinya seperti Priyanka dan Nick yang terpaut usia 10 tahun lebih tua Priyanka? Peneliti menjelaskan itu bisa mengancam nyawa si perempuan!

Temuan itu, yang diambil dari rekam medis dua juta pasangan Denmark, menunjukkan bahwa yang terbaik yang dapat dilakukan oleh seorang wanita adalah menikahi pria yang berusia kira-kira sama.

Catatan kesehatan telah menunjukkan sebelumnya bahwa pria hidup lebih lama jika mereka memiliki istri yang lebih muda, seorang peneliti efek diharapkan untuk melihat cermin pada wanita yang menikahi pria yang lebih muda.

Tapi sebuah studi oleh Sven Drefahl di Institut Max Planck untuk Penelitian Demografi di Rosktock, Jerman, menunjukkan bahwa semakin besar perbedaan usia antara seorang wanita dan suaminya, semakin pendek harapan hidupnya, terlepas dari apakah dia lebih tua atau lebih muda.

Menurut laporan Drefahl, dalam jurnal Demography, usia seorang pria yang terpaut tujuh hingga sembilan tahun lebih tua dari istrinya, memiliki tingkat kematian 11 persen lebih rendah daripada seorang pria yang istrinya memiliki umur sebaya dengannya.

Baca Juga: Intip 4 Gaya Busana Habib Bule , Habib Bahar Smith yang Ditolak Masuk Manado

Namun, seorang wanita yang memiliki disparitas usia antara tujuh hingga sembilan tahun lebih tua dari suaminya, memiliki tingkat mortalitas 20 persen lebih besar, daripada jika dia bersama pria pada usia yang sama.

Peneliti terbiasa berpikir bahwa orang yang lebih sehat berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih pasangan yang lebih muda, dan karenanya sudah memiliki harapan hidup yang lebih panjang.

Pasangan yang lebih muda, mungkin juga memiliki efek psikologis yang menguntungkan pada pasangan yang lebih tua dan memberi mereka perawatan yang lebih baik di usia tua.

Namun, penelitian Drefahl meragukan ide-ide ini, karena mereka tidak berlaku untuk wanita yang menikahi pria yang lebih muda. "Teori-teori ini sekarang harus dipertimbangkan kembali. Alasan untuk perbedaan kematian karena perbedaan usia pasangan tetap tidak jelas," katanya.

Beberapa penjelasan mungkin terletak pada kualitas pertemanan antara pria dan wanita sepanjang hidup. Wanita cenderung memiliki lebih banyak teman dekat di luar nikah dan lebih menguntungkan dibandingkan pria yang memiliki pasangan.

"Tidak seperti manfaat seorang istri yang lebih muda, seorang suami yang lebih muda tidak akan membantu memperpanjang umur istrinya yang lebih tua dengan merawatnya, pergi berjalan-jalan bersamanya, atau menikmati akhir kehidupan bersama. Dia sudah memiliki teman untuk itu. Perlu dicatat juga, manusia bagaimana pun semakin tua," kata Drefahl.

Wanita dengan suami yang lebih muda bisa mati muda rata-rata karena mereka mengalami lebih banyak stres, Drefahl berspekulasi.

Sementara penelitian menunjukkan bahwa wanita rata-rata meninggal lebih muda jika ada perbedaan usia yang besar dalam hubungan mereka, pria dan wanita yang sudah menikah keduanya cenderung hidup lebih lama daripada orang yang belum menikah.

Harapan hidup wanita pada umumnya lebih tinggi daripada pria, dengan wanita yang lahir di Inggris diharapkan hidup rata-rata 82 tahun, dibandingkan dengan 78 tahun untuk pria.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini