nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hindari Salah Ambil Keputusan dengan 4 Trik Berikut, Cuma Butuh 1 Menit Loh

Yosua Tobing, Jurnalis · Jum'at 30 November 2018 13:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 30 196 1984959 hindari-salah-ambil-keputusan-dengan-4-trik-berikut-cuma-butuh-1-menit-loh-LxHf0IQyHN.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

ROMANSA, pekerjaan, dan persahabatan adalah tiga unsur yang cenderung membuat orang bisa merasa stres bahkan depresi, jika salah satu dari unsur tersebut rusak. Tapi, bukan perkara mudah untuk menyeimbangkan ketiganya.

Tidak jarang, ketika Anda bermasalah dalam pekerjaan maka hal tersebut akan terbawa dalam kehidupan asmara Anda ataupun sebaliknya. Nah, jangan sampai Anda salah sambil keputusan lantaran salah satu dari tiga unsur tersebut tengah membebani pikiran Anda.

Lantas, bagaimana caranya untuk menyelamatkan hubungan asmara, pekerjaan dan persahabatan Anda yang sudah tercampur aduk? Melansir laman Times Of India, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar masalah tersebut tidak tercampur dan bertambah rumit.

Baca Juga: Pesona Kecantikan Anisha Kalebic, Wanita yang Ditaksir Pangeran Brunei Darussalam

1. Berpikir Sebelum Bereaksi

Ini adalah cara dasar untuk menyelamatkan hubungan, pekerjaan, persahabatan Anda. Berpikir sebelum bereaksi akan sangat membantu karena jika Anda salah mengaplikasikan tindakan dan tidak berpikir sebelumnya, bisa saja orang tersebut tidak menyukai tindakan kita dan membuat hubungan Anda menjadi rusak.

2. Bernafas

Alih-alih langsung bereaksi terhadap situasi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mulai bernafas dalam-dalam. Ini mungkin tampak seperti tindakan yang sia-sia, tetapi menarik nafas dalam-dalam akan membantu Anda mengalihkan perhatian. Untuk beberapa saat oksigen ke korteks prefrontsal di otak kita dan membantu untuk menanggapi situasi dengan tenang.

3. Akui Emosi Anda

Langkah selanjutnya adalah mengakui kesalahan Anda. Katakan pada diri Anda sendiri bagaimana perasaan Anda sebenarnya, dan itu bisa membuat Anda tenang. Ini akan membantu Anda memahami bahwa Anda perlu menangani situasi, ketika Anda sudah berada dalam keadaan normal.

Selain itu, hal ini akan mengatur aktivitas di korteks prefrontal yang membantu untuk berpikir rasional dan tidak dikuasai oleh emosi Anda sendiri.

Baca Juga: Bukan karena Bosan, Ini 3 Alasan Kuat Mengapa Pasanganmu Bisa Selingkuh

4. Menilai Kembali Situasi

Langkah terakhir adalah untuk menguasai situasi dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada diri Anda sendiri. Seperti apa untungnya bereaksi berlebihan? Pikirkan juga apa dampak panjang dari marah sepuluh menit. Mempertanyakan diri sendiri akan membantu Anda untuk menilai kembali situasi dan mengubah emosi negatif Anda menjadi positif.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini