nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

David Beckham Dikecam Gara-Gara Cium Bibir Putrinya, Psikolog: "Jangan Dihujat, Budaya Kita Berbeda"

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 30 November 2018 14:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 30 196 1985005 david-beckham-dikecam-gara-gara-cium-bibir-putrinya-psikolog-jangan-dihujat-budaya-kita-berbeda-ZHMhxcUggG.jpg David Beckham dan Putrinya (Foto: Entertainment Tonight)

MANTAN kapten klub sepakbola Inggris David Beckham dikecam gara-gara cium bibir putrinya, Harper. Dia dianggap tidak mengasuh anaknya dengan baik karena hal tersebut.

Padahal mungkin budaya di Inggris hal tersebut dianggap wajar. Tapi perbuatannya itu bikin orang lain "gerah" melihatnya sampai menuai komentar pedas.

Nah, dari kacamata Psikolog, sebenarnya seorang ayah mencium bibir putrinya itu sah-sah saja dilakukan. Tapi berdasarkan perbedaan budaya itu yang membuat banyak orang menilai jelek.

 BACA JUGA:

Hari Ini, Para Finalis Miss World 2018 Jalani Sesi Fast Track Sport

"Kalau mencium bibir anak perempuannya boleh atau enggak, normal atau enggak itu tergantung budaya sekitarnya ya. Kalau di budaya mereka, mungkin wajar-wajar saja, jadi nggak terlalu masalah," ujar Psikolog Anna Surti Ariani saat dihubungi Okezone, Jumat (30/11/2018).

Psikolog yang akrab disapa Nina itu menambahkan, sementara yang terjadi di budaya manapun, termasuk Indonesia, mencium bibir anak perempuan dianggap tidak wajar. Begitu juga dengan kebiasaan mencium bibir siapapun, hendaknya tidak dilakukan di tempat terbuka.

 

Karena ada perbedaan budaya, menurut Nina, sebaiknya Anda tidak memberikan hujatan dalam bentuk apapun kepada David Beckham. Walaupun gitu bisa jadi pembelajaran kita, artinya kita tidak perlu meniru hal tersebut.

Terlepas dari itu, sebut Nina, sebenarnya mencium bibir siapapun sebetulnya terdapat risiko. Biasanya dapat menularkan kuman dan bakteri dari mulut ke mulut.

"Jadi kalau kita cium bibir dengan orang yang sakit, maka kita berisiko ikut sakit. Oleh karena itu, kalau lagi sakit jangan ciuman pakai bibir," bebernya.

Nah, kalau kasusnya kepada anak, banyak anak yang punya ketahanan tubuh tidak seoptimal orang dewasa. Sayangnya, cium bibir bisa dianggap bawa petaka untuk si anak yang tidak mengerti banyak hal.

 BACA JUGA:

8 Langkah Buat Celana Jin Baru Lebih Nyaman Dipakai, Coba Deh

"Kalau kita cium bibir, mungkin membahayakan anak. Karena kuman dan bakteri di mulut kita bisa masuk ke mulut anak," pungkas dia.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini