nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bingung Kasih Hadiah untuk si Kecil? Psikolog Sarankan Buku, Manfaatnya Luar Biasa

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 30 November 2018 16:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 30 196 1985047 bingung-kasih-hadiah-untuk-si-kecil-psikolog-sarankan-buku-manfaatnya-luar-biasa-0EZgPNFkqS.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

APAKAH Anda sedang mencari barang yang bisa diberikan untuk si kecil di hari bahagianya? Mungkin terlalu biasa jika Anda memberikan mainan, baju, atau sepatu yang sedang dia suka. Lalu, Anda bingung barang apa lagi yang bisa dijadikan hadiah.

Kegelisahan Anda jangan berlarut. Sebab, Okezone merekomendasikan untuk memberikan buku sebagai hadiah terbaik. Kenapa?

Seperti yang dijelaskan Psikolog Antonia Ratih Andjayanti Ibrahim. Menurutnya, prioritas orangtua mesti pada buku.

 (Baca Juga:Hari Ini, Para Finalis Miss World 2018 Jalani Sesi Fast Track Sport)

"Enggak bisa memungkiri, kalau orangtua ngajak anaknya ke mall, yang didatangi itu toko mainan, baju, sama restoran. Nah, kebiasaan ini kita (orangtua) switch. Jadi, beli buku harus jadi prioritas dan ini saya lakukan juga di keluarga saya," paparnya pada Okezone saat diwawancarai di Polda Metro Jaya, Jumat (30/11/2018).

 

Psikolog Ratih juga menambahkan bahwa dirinya membiasakan untuk tidak membeli mainan untuk anak. Dia dan keluarga memang pergi ke toko mainan, tapi sekadar memegang dan melihatnya. Berbeda ketika datang ke toko buku.

 (Baca Juga:Cantik-Cantik 'Rakus' Kulineran, Begini 5 Gaya Tasya Kamila saat Makan Enak)

"Saya beri keleluasaan anak untuk membaca segala macam jenis buku. Ini membuat wawasan dia luas dan baik untuk tumbuh kembangnya dan saya bolehkan dia memilih dua buku yang dia sukai untuk dibawa pulang. Hal ini yang kemudian membuat anak bisa berteman dengan buku," sambungnya.

 (Baca Juga:Kerennya Berfoto dalam Air Bersama Ikan, Ada di Indonesia Kok!)

Penting untuk dicatat bahwa setelah membelikan anak buku, Anda sebagai orangtua mesti mendampingi anak saat membaca. Jadi, tidak sekadar membelinya, tapi dibaca bersama dan ini juga baik untuk menguatkan bonding antara Anda dengan si kecil.

Senada dengan saran Psikolog Ratih, Ketua Pengurus Pusat Yayasan Kemala Bhayangkari Coretta Putut Bayuseno pun sudah melakukan hal ini ke anaknya.

"Saya selalu memberikan hadiah untuk anak itu buku. Jadi, anak saya sampai sekarang suka sekali membaca dan bagi saya itu adalah hal positif," pungkasnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini