nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Di Balik Pahitnya Kopi Ternyata Bisa Bikin Rileks dan Bahagia

Noor Chotijah , Jurnalis · Jum'at 30 November 2018 17:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 30 481 1985050 di-balik-pahitnya-kopi-ternyata-bisa-bikin-rileks-dan-bahagia-vnjZ8ytlcM.jpg Ilustrasi (Foto: Readersdigest)

MUSIM hujan telah tiba, satu hal yang paling menyenangkan adalah terbangun di pagi hari dengan menyeruput teh atau kopi sambil menikmati udara sejuk. Tetapi ada peringatan kurang baik untuk kesehatan jika terlalu banyak minum teh dan kopi. 

Faktanya pun, konsumsi teh atau kopi terlalu banyak dapat menyebabkan peningkatan kecemasan ataupun insomnia. Padahal dua jenis minuman ini begitu menenangkan pikiran dan hati saat sedang menikmatinya, seperti yang dilansir dari The Peopple, Jumat (30/11/2018).

Nah bagaimana dengan Anda, lebih suka dengan teh atau kopi? Soal selera setiap orang memang pasti berbeda-beda. Ternyata sebuah studi yang baru diterbitkan dalam Journal Scientific Reports mengungkapkan, ternyata kopi lebih banyak memiliki penggemar dibandingkan teh.

Baca Juga: Benarkah Vape Lebih Sehat? Pendapat Dokter Ini Buktikan Sebaliknya

Telah dilakukannya preferensi meminum secangkir kopi dengan teh, untuk menentukan kepekaan rasa pahit. Menggunakan teknik Australia dari pengacakan Mendel lebih dari 400.000 pria dan wanita, Universitas Northwestern dan peneliti QIMR Berghofer Medical Research Institute telah menyimpulkan, lebih banyak orang sensitif terhadap rasa pahit dari kafein, maka dengan hal ini semakin banyak orang yang menyukai kopi.

Minum Kopi

Lalu apa yang bisa membuat lidah sangat peka terhadap kepahitan? Genetika adalah jawabannya, hal ini bukan berarti pahit hanya ada pada kopi. Otak dan tubuh kita terhubung dengan cara mudah saat menentukan kepahitan sebagai sesuatu yang berbahaya.

Baca Juga: Hari Ini, Para Finalis Miss World 2018 Jalani Sesi Fast Track Sport

Penelitian telah menjelaskan kemampuan untuk mendeteksi kepahitan dalam minuman ini ditambah dengan penerimaan positif, yang diterima dari kafein sudah cukup untuk mengembalikan otak menjadi lebih rileks dan bahagia.

Saat kafein masuk ke tubuh Anda dan mengaliri ke dalam darah, secara otomatis akan bertindak seperti ‘bahan bakar’. Hal ini juga meningkatkan adrenalin di dalam tubuh secara signifikan dan tentunya juga meningkatkan kinerja fisik. Disarankan meminum kopi sebelum melakukan kegiatan aktif seperti olahraga atau pekerjaan yang memerlukan kekuatan fisik maksimal.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini