Amankah Jika Butiran Silica Gel Tertelan?

Risda Nadiva, Jurnalis · Jum'at 30 November 2018 22:32 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 30 481 1985259 amankah-jika-butiran-silica-gel-tertelan-fBe5zhIKBi.jpg Silica Gel (Foto: Youtube)

APAKAH Anda sering menemukan kantong persegi kecil saat membuka kardus kotak sepatu? Jika dibaca, tulisannya adalah silica gel.

Sebagian orang mungkin belum mengetahui fungsi silica gel. Penting diketahui, bungkusan ini berfungsi sebagai penyerap kelembapan pada wadah berisi benda yang harus sedia dalam keadaan kering. Kalau Anda menemukannya, jangan langsung dibuang.

Sayangnya, banyak orang yang meremehkan fungsi silica gel yang selalu disematkan dalam kotak, padahal sangat penting. Selain berfungsi sebagai pelindung benda dari kerusakan, benda kecil ini bisa menghilangkan bau hingga berfungsi sebagai alternatif ponsel yang terendam air.

Namun, seringkali kita memikirkan äpa yang akan terjadi bila gak sengaja memakan silica gel? Apakah akan beracun atau bisa berujung pada kematian?

 BACA JUGA:

Jangan Sepelekan Nyeri saat Haid, Bisa Jadi Anda Kena Endometriosis

Melansir womenshealthmag pada Jumat (30/11/2018), ternyata silica gel tidak mengandung zat toksik atau racun, menurut National Capital Poison Center (NCPC).

 

Walaupun diberi embel-embel “tidak untuk dimakan”, tapi peringatan ini hanya untuk anak kecil yang bisa berbahaya jika tersedak atau memakannya.

Sementara itu, penggunaan silica gel ternyata juga dilakukan dalam beberapa jenis produk makanan. Penting untuk diingat, jika tertelan silica gel dalam jumlah besar dapat menyebabkan mual dan muntah.

Paket gel silica sendiri tidak mengandung lebih dari lima gram silika gel, dan semuanya disetujui FDA. Artinya, tidak beracun, tidak diserap atau dicerna melewati usus dan kemudian dieliminasi.

Anda tidak seharusnya memakannya, tapi siapa yang mau coba? Hal itu biasa terjadi karena tidak sengaja menelannya, dan itu bukanlah akhir dari hidup Anda.

Meskipun faktanya silica gel tidak beracun, beberapa ilmuwan merekomendasikan untuk membuangnya jika sudah lama dipakai. Ini disebabkan karena penggunaan silica gel juga memiliki masa efektif untuk digunakan, yaitu umur simpan yang terbatas, jadi penyerapannya juga terbatas.

Ketika Anda mendapatkan sebungkus silica gel, kemungkinan sudah diserap semua kelembapannya.

 BACA JUGA:

Jangan Sepelekan Nyeri saat Haid, Bisa Jadi Anda Kena Endometriosis

Intinya, selama Anda tidak sengaja mengonsumsinya atau pun tersedak, silica gel tidak akan membahayakan keselamatan nyawa. Namun, tetap pastikan Anda menggunakan silica gel dengan baik dan benar.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini