nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hari AIDS Sedunia, Lakukan Ini untuk Bantu Seseorang yang Baru Terdiagnosis HIV

Yosua Tobing, Jurnalis · Sabtu 01 Desember 2018 03:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 30 481 1985268 hari-aids-sedunia-lakukan-ini-untuk-bantu-seseorang-yang-baru-terdiagnosis-hiv-VXeFqoXrKz.jpg Ilustrasi (Foto: Thehealthsite)

SETIAP 1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia. AIDS merupakan penyakit yang disebabkan oleh Human Immunodeficiency Virus (HIV). HIV dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh, sehingga penyakit, bakteri, virus dan lain-lainnya menyerang tubuh.

Selain menghadapi virus, beberapa orang yang baru terdiagnosis HIV sebagian besar akan merasa tertekan, bahkan sampai depresi. Hal ini lantaran stigma negatif yang berkembang di lingkungan masyarakat.

Karena itu, orang yang baru didiagnosis HIV jangan dijauhi. Lantas, apa yang harus kita lakukan? Berikut cara menyemangati seseorang yang terkena HIV seperti dilansir Okezone dari HIV.Gov:

· Berbicara adalah cara untuk melakukan percakapan yang terbuka dan jujur tentang HIV. Mereka mungkin tidak ingin selalu membicarakannya atau bisa mereka belum siap. Bicarakan hal-hal yang biasanya dilakukan sebelum mereka didiagnosis.

Tujuannya agar mereka tetap percaya bahwa Anda tetap melihat mereka sebagai orang yang sama. Selalu ulas bahasan yang lain agar orang yang terdiagnosis tersebut tidak fokus pada perawatan kesehatan mereka sendiri.

HIV

· Mendengarkan merupakan hal selanjutnya untuk membantunya. Diagnosis HIV adalah berita yang dapat mengubah hidup mereka. Dengarkan setiap keluh-kesah mereka dan tawarkan dukungan Anda.

· Belajar untuk mendidik diri tentang HIV mulai dari apa itu HIV, bagaimana penularannya, bagaimana orang dapat sehat ketika hidup dengan HIV. Memiliki pemahaman tentang HIV dapat menguatkan pengetahuan adalah langkah yang tepat untuk mendukung orang yang Anda cintai.

· Beberapa orang yang baru didiagnosis HIV pasti akan merasa depresi dan tertekan, itu yang membuatnya bingung untuk mengambil langkah pertama untuk mengobati HIV. Dukungan dan bantuan dari Anda adalah hal pertama yang bisa membantunya. Dengan menghubungi ke perawatan medis HIV secara dini, Anda sudah memulai pengobatan mereka, mengikuti beberapa pengobatan dan perawatan dari dokter.

· Mengingatkan untuk teratur minum obat adalah langkah selanjutnya yang penting bagi orang yang hidup dengan HIV. Mintalah orang yang Anda cintai untuk selalu minum obat teratur, rutin, dan selalu berpegang teguh pada hal itu. Kemudian tanyakan juga apa kebutuhan lainnya yang mungkin dapat membantu mereka tetap sehat.

· Langkah terakhir adalah termasuk mudah untuk dijalani, hanya tetap selalu mendukung dan menjaga orang yang Anda cintai tersebut supaya mereka tetap merasakan dukungan penuh untuk sehat dari Anda. (hel)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini