nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengidap HIV Bisa Hidup Lebih Panjang daripada Orang yang Negatif HIV

Bagas Taruna , Jurnalis · Sabtu 01 Desember 2018 10:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 01 481 1985394 pengidap-hiv-bisa-hidup-lebih-panjang-daripada-orang-yang-negatif-hiv-pCSEPlAl5C.jpg Ilustrasi (Foto: Healthline)

TEPAT pada 1 Desember ini diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia. AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah penyakit yang ditimbulkan oleh HIV (Human Immunodeficiency Virus).

Virus ini akan menyerang bagian sistem kekebalan tubuh seseorang sehingga si penderita akan mudah terserang berbagai penyakit. Sayang, masih banyak yang tak sadar bahwa dirinya mengidap penyakit mematikan ini.

Namun, ada fakta unik dari pengidap HIV. Melansir dari Aidsmap pada Sabtu (1/12/2018), orang yang positif terkena HIV dapat memiliki jangka waktu hidup yang lebih panjang daripada yang tidak. Studi menunjukkan bahwa seseorang yang hidup dengan HIV ternyata memiliki harapan hidup yang sama dengan yang negatif HIV. Dengan memberikan waktu diagnosis yang tepat, perawatan medis bisa membimbing mereka menuju pengobatannya.

Masih ada beberapa faktor yang mempengaruhi durasi usia bagi mereka yang hidup bersama HIV dan pada setiap orang berbeda-beda. Misalnya akses menuju pengobatan yang efektif serta perawatan medis yang berkualitas tinggi. Serta memulai segera pengobatannya setelah si penderita divonis mengidap HIV sebelum sel CD4 menurun.

Baca Juga: Mitos dan Fakta tentang Penularan HIV/AIDS Ini Wajib Kamu Ketahui!

Sel CD4 merupakan bagian dari sel darah putih yang bertugas untuk menjaga kekebalan tubuh. Orang yang didiagnosis HIV dalam beberapa tahun awal juga memiliki harapan hidup yang lebih tinggi ketimbang orang yang sudah lama didiagnosis.

hiv

Faktor sosial dan ekonomi juga berpengaruh. Di mana si penderita tumbuh dan berkembang, pendapatannya, edukasinya, kedudukan sosialnya, dan sebagainya. Dari sisi gender, wanita pengidap HIV akan memiliki angka kehidupan yang lebih lama dari pria sebanyak dua kali. Gaya hidup seperti diet, aktivitas sehari-hari, mengurangi penggunaan alkohol dan obat-obatan, dan menghindari merokok bisa menambah jangka waktu sang penderita.

Baca Juga: Hari AIDS Sedunia, Lakukan Ini untuk Bantu Seseorang yang Baru Terdiagnosis HIV

Terbukti dengan studi yang dilakukan di Inggris pada 2014 terhadap sekitar 20 ribu orang dewasa yang terjangkit HIV melakukan perawatan medis. Seorang pria berusia 35 tahun yang menjalani pengobatan HIV dapat hidup hingga usia 81. Sedangkan pada wanita yang berusia 35 dan 50 tahun dapat menembus angka 83 dan 85. 3 tahun lebih panjang daripada orang biasa yang hanya bisa mencapai usia 82 atau 83.

Maka dari itu, bila Anda merasakan gejala HIV pada tubuh, segeralah periksa ke dokter. Karena perawatan yang cepat dan tepat mampu mencegah Anda dari kematian dini oleh virus satu ini. Namun, bukan berarti Anda harus mempunyai HIV dalam tubuh. Gaya hidup yang sehat juga mampu menambah usia Anda.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini