nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lemak Tak Selalu Jahat, 5 Makanan Berlemak Ini Justru Super Sehat Lho!

Bagas Taruna , Jurnalis · Sabtu 01 Desember 2018 12:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 01 481 1985407 lemak-tak-selalu-jahat-5-makanan-berlemak-ini-justru-super-sehat-lho-xFIHEebCBT.jpg Telur baik untuk kesehatan (Foto: Youtube)

POLA makan orang-orang di zaman sekarang semakin tak karuan karena kecanduan gula serta kalori. Mengakibatkan obesitas serta timbulnya berbagai macam penyakit dalam tubuh. Tapi, seiring berjalannya waktu, para ahli menyatakan bahwa lemak jenuh tidaklah sejahat yang Anda duga.

Dikutip dari Healthline pada Sabtu, (1/12/2018), berikut daftar makanan berlemak yang sebenarnya menyehatkan serta bernutrisi.

1. Alpukat.

Salah satu buah yang mengandung lemak terbanyak dibandingkan dengan buah lainnya. Buah berwarna kuning kehijauan ini mengandung lemak dari asam oleat sekitar 77 persen, menjadikannya lebih tinggi kadarnya daripada hewani. Namun, alpukat memiliki kalium lebih banyak dari pisang sebesar 40 persen. Buah ini juga merupakan sumber serat yang baik. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang memakan alpukat lebih sering akan memiliki lebih sedikit lemak di perutnya dibandingkan dengan yang tidak.

2. Keju.

Produk olahan fermentasi dari susu ini memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh dan tulang, seperti kalsium, vitamin B12, fosfor, serta selenium. Selembar keju kaya akan protein yang setara dengan segelas susu. Para ahli juga mengemukakan bahwa keju mampu menurunkan risiko dari diabetes tipe 2.

keju

3. Cokelat hitam.

Salah satu makanan sehat yang lezat namun jarang ditemui ini memang tinggi akan lemak, sekitar 65 persen. Cokelat hitam mengandung serat dan zat besi, disertai antioksidan yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi cokelat hitam 5 kali atau lebih dalam seminggu akan terhindar dari risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Mitos dan Fakta tentang Penularan HIV/AIDS Ini Wajib Kamu Ketahui!

4. Telur ayam utuh.

Seringkali telur dianggap sebagai sumber dari kolesterol serta lemak jahat. Faktanya, sebutir telur mengandung 212 mg kolesterol, yakni sekitar 71 persen dari asupan yang dianjurkan per hari.

Studi baru mengatakan bahwa telur tidak memengaruhi kandungan kolesterol dalam darah pada sebagian besar orang. Sayang, ketika orang membuang kuning telur, vitamin dan mineralnya pun ikut hilang. Karena di dalamnya juga ada antioksidan dan kolin, yaitu nutrisi bagi otak.

Baca Juga: Pengidap HIV Bisa Hidup Lebih Panjang daripada Orang yang Negatif HIV

5. Ikan gendut.

Orang akan yakin mengatakannya bahwa ikan ini sehat bagi tubuh, seperti salmon, kembung, dan sarden. Kandungan Omega-3 serta vitamin D dipercaya oleh para ahli untuk menurunkan serangan jantung dan depresi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini