Ini Tips Memakai Pembalut agar Tetap Higienis

Salma Nafisa, Jurnalis · Minggu 02 Desember 2018 08:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 01 481 1985581 ini-tips-memakai-pembalut-agar-tetap-higienis-SiHrCi9GDQ.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

BIASANYA wanita mengalami menstruasi pada setiap bulan. Menstruasi adalah proses keluarnya darah dari dalam rahim, lalu dinding rahim meluruh karena sel telur di dalam rahim tidak dibuahi. Terkadang saat menstruasi ini kamu merasa tidak nyaman karena terjadinya perubahan emosi yang naik-turun atau disebabkan karena cuaca.

Apalagi saat ini cuaca di Indonesia mengalami cuaca yang ektrem, terkadang cuaca terasa panas dan juga dingin karena hujan. Di saat wanita mengalami menstruasi dan tidak nyaman memakai pembalut biasa, banyak perusahaan yang memberikan solusi dengan menciptakan pembalut herbal yang terbuat dari ekstrak daun sirih serta ekstrak daun mint.

 (Baca Juga:Semakin Nyaman, Kini Hadir Pembalut Ekstrak Daun Mint yang Berikan Efek Relaksasi)

Daun sirih dipercaya dapat menghilangkan efek bau tak sedap pada area kewanitaan, melawan keputihan, menjaga vagina tetap kering, memiliki kemampuan antiseptik, dan masih bayak kegunaan daun sirih yang lain. Sedangkan daun mint dipercaya memiliki manfaat menyegarkan area kewanitaan, membantu menghilangkan sedikit rasa nyeri saat menstruasi, memberikan efek relaksasi, dan menjadi aroma terapi karena baunya yang khas.

 (Baca Juga:Segudang Manfaat Rambutan, Cegah Kanker hingga Tingkatkan Kualitas Sperma)

Semua pembalut yang berbau herbal seperti ekstrak daun sirih dan daun mint ini mengklaim bahwa pembalut ini memiliki antiseptik juga belum tentu higienis. Sebab kebersihan vagina itu bukan hanya dari pembalut, tetapi bagaimana cara agar area kewanitaan ini tetap kering, tidak lembap, dan selalu memberihkan area vagina juga setelah mengganti pembalut. Pastikan juga tangan tetap bersih sebelum mencuci area ini.

“Pembalut itu bukan dipakai untuk terus-terusan, jika sudah merasa banyak atau penuh lebih baik diganti secara terus-menerus. Idealnya 3-4 jam untuk mengganti pembalut ini, kalau misalnya menstruasi ini keluarnya banyak kamu bisa ganti dua jam sekali. Jadi jangan sampai dipakai terus-menerus, kalau sudah merasa gatal harus segera diganti,” ujar Ima salah satu officer PT Uni-charm Indonesia saat ditemui di Jakarta, Jumat, 30 November 2018.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini