nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Mengembalikan Keseimbangan pH dalam Tubuh

Pisca Azalea, Jurnalis · Senin 03 Desember 2018 02:56 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 01 481 1985584 cara-mengembalikan-keseimbangan-ph-dalam-tubuh-vgdAqxNPcf.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

PERLU diketahui bahwa tubuh kita harus berada di pH yang ideal karena pH yang rendah dapat memengaruhi kesehatan tubuh. Hal Ini akan membuat Anda mengalami gangguan tidur yang buruk, kelelahan, pencernaan yang buruk, dan masalah kesehatan lainnya.

Umumnya pH tubuh ideal pada tubuh adalah 7,35. Kadar pH yang kurang dari 7 dikatakan bersifat asam dan jika lebih dari 7 tergolong basa. Nah, jika pH tubuh asam atau bahkan terlalu basa, fungsi organ tubuh serta kerja metabolisme tubuh bisa terganggu.

Dilansir dari The Health Site, Senin (3/12/2018), untuk menyeimbangkan kembali pH asam cobalah untuk mengonsumsi lebih banyak makanan pembentuk basa. Rasio harian makanan harus 80 persen makanan pembentuk alkali dan 20 persen makanan pembentuk asam.

 (Baca Juga:Segudang Manfaat Rambutan, Cegah Kanker hingga Tingkatkan Kualitas Sperma)

Secara umum, makanan pembentuk asam adalah produk susu, kopi, daging, teh, gula, soda, garam dan tepung olahan. Sedangkan makanan pembentuk basa itu termasuk buah-buahan dan sayuran seperti wortel, bit, brokoli, daun bawang, sayuran laut, mangga, bawang, parsnip, melon dan sebagainya.

Menurut para ahli, untuk membantu mengembalikan keseimbangan pH tubuh cobalah untuk makan makanan yang kaya klorofil. Karena klorofil lebih bersifat basa yang berarti secara signifikan dapat meningkatkan tingkat pH.

 (Baca Juga:Tak Disangka, Ini 5 Manfaat Ibu Hamil Minum Perasan Air Lemon)


Tidak hanya dari makanan saja yang dapat mengembalikan pH tubuh, adapula minuman yang bisa mengembalikan keseimbangan pH tubuh, yakni air perasan lemon dan jeruk nipis. Minuman tersebut dapat membentuk alkali yang dibutuhkan tubuh.

Air yang dicampur dengan perasan lemon mengandung vitamin C sebagai antioksidan yang dapat melawan kerusakan sel oleh radikal bebas dan juga meningkatkan fungsi hati. Disarankan juga untuk minumlah air dalam jumlah yang cukup.

Satu hal lagi yang perlu dilakukan yakni kontrollah rasa stres Anda dengan berpikiran positif dan melakukan hal-hal yang Anda nikmati karena penurunan tingkat stres juga mendorong alkalinitas pada tubuh. Selain itu, cobalah untuk mempertahankan diet seimbang karena diet memiliki dampak besar untuk meningkatkan pH tubuh.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini