nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banyak Faktor Penyebab Stroke, Ini 8 Cara Sederhana Mencegahnya

Abdul Razak, Jurnalis · Senin 03 Desember 2018 01:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 01 481 1985586 banyak-faktor-penyebab-stroke-ini-8-cara-sederhana-mencegahnya-IAwAEyTuiI.jpg Ilustrasi (Foto: Huffpost)

SEMUA orang pasti tidak ingin terkena penyakit stroke. Sebab, dapat menimbulkan berbagai efek serius pada kesehatan.

Stroke bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah tekanan darah tinggi. Selain itu, faktor lain yang menyebabkan stroke adalah merokok, diabetes, dan kegemukan. Dokter Spesialis Bedah Saraf Heri Aminuddin,Sp,BS(K) mengatakan, biasanya 80% stroke terjadi karena tersumbatnya aliran darah ke otak.

"Maka dari itu mengontrol sirkulasi darah sangat penting," paparnya di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

(Baca Juga:Tak Disangka, Ini 5 Manfaat Ibu Hamil Minum Perasan Air Lemon)

Dokter Heri menambahkan, banyak orang mendadak mengalami gejala stroke ringan. Gejalanya bisa berupa kebingungan sesaat, kesulitan berbicara, dan sebagainya. Jika Anda sudah mengalami gejala stroke ringan segera hubungi rumah sakit.

"Setiap menit itu sangat berharga, apabila sudah timbul gejala tersebut langsung hubungi rumah sakit. Jika terlambat, maka akan berakibat fatal bagi kesehatan,” tuturnya.

Agar terhindar dari stroke, dr Heri memaparkan 8 cara mencegahnya:

Monitor tekanan darah

Untuk terhindar dari penyakit stroke, setidaknya periksalah tekanan darah satu tahun sekali. Jika tekanan darah meningkat, konsultasikan langsung dengan dokter Anda agar mendapatkan penanganan lebih lanjut

(Baca Juga:Mana yang Lebih Sehat, Minum Kopi Panas atau Dingin?)

Ketahui atrial fibrilasi

Atrial fibrilasi adalah kondisi denyut jantung yang tidak beraturan. Jika Anda memiliki ritme jantung yang berbeda dari biasanya, segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasinya.

Kurangi konsumsi alkohol

Jika meminum alkohol sudah menjadi kewajiban bagi Anda, maka minumlah dengan jumlah yang tidak berlebih. Perlu diketahui meminum alkohol secara berlebihan dapat memicu stroke hemoragik.

(Baca Juga:Lemak Tak Selalu Jahat, 5 Makanan Berlemak Ini Justru Super Sehat Lho!)

Ketahui jumlah kolestrol

Bila menginginkan hidup sehat dan terhindar dari stroke cukup dengan mengetahui jumlah kolestrol Anda, apakah stabil atau meningkat. Kolestrol yang tinggi telah terbukti dapat meningkatkan risiko stroke. Oleh karena itu jika kolestrol Anda naik segera diskusi dengan dokter.

Waspadai diabetes

Diabetes adalah penyakit yang ditandai dengan kadar gula glukosanya meningkat. Kalau Anda mempunyai penyakit ini, selalu taati rekomendasi atau saran dokter dalam mengontrol tingkat gula darah dalam tubuh Anda.

Olahraga yang cukup

Dengan olahraga yang cukup dapat membantu Anda terhindar dari stroke. Tetapi dr Heri menyarankan, agar tidak melakukan olahraga secara berlebihan. Cukup berolahraga kecil, seperti jalan kaki selama 30 menit telah membantu Anda terhindar dari stroke.

 

Lakukan diet rendah lemak dan rendah garam

Diet tidak hanya khusus untuk mengurangi berat badan, tetapi bisa mencegah penyakit stroke. Jadi mulailah kurangi makanan yang tingggi lemak dan tinggi garam demi terhindar dari penyakit stroke.

Sirkulasi darah

Kalau Anda memiliki masalah dengan sirkulasi darah, maka segara hubungi dokter Anda untuk konsultasi demi memperbaikinya, agar terhindar dari penyakit stroke.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini