nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Unik, 'Hotel Berjalan' Diprediksi Bakal Jadi Tren di 2030

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 02 Desember 2018 20:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 02 406 1985798 unik-hotel-berjalan-diprediksi-bakal-jadi-tren-di-2030-kCjcdGa7zU.png Hotel di Masa Depan (Foto: Travelandleisure)

DI zaman modern seperti saat ini, kemajuan teknologi memang tidak dapat dibendung lagi. Hal ini secara tidak langsung memengaruhi perilaku para pelaku bisnis wisata baik di dalam maupun luar negeri. Buktinya, sekarang sudah banyak perusahaan hospitality yang menawarkan beragam akomodasi dengan konsep unik.

Seperti yang dilakukan oleh The Autonomous Travel Suite. Perusahaan travel yang berbasis di Toronto ini berhasil menciptakan sebuah penginapan mewah yang di bangun di atas roda. Konsep tersebut kemudian dikenal dengan istilah ‘self-driving hotel rooms’ atau hotel berjalan yang merupakan buah dari kreativitas seorang desainer terkemuka bernama Steve Lee.

Dilansir Okezone dari Travel and Leisure, Minggu (2/12/2018) hotel berjalan tersebit memungkingkan wisatawan untuk melakukan perjalanan di dalam suite hotel tanpa pengemudi. Hotel bergaya unik ini digadang-gadang bisa menampung hingga lima orang dalam satu waktu.

“Pada dasarnya kamar hotel jadi semuanya ada di dalamnya. Baik itu enam jam atau 10 jam, Anda akan merasa nyaman di dalamnya, ”kata Lee kepada USA Today.

Ide kreatif Lee itu juga berhasil membuatnya menerima penghargaan sebagai Inovasi Radikal tahun 2018. Rencananya, setiap suite atau kamar akan dilengkapi dengan tempat tidur built-in, kamar mandi pribadi dengan toilet dan shower duduk, dapur kecil, dan banyak ruang hiburan. Sekilas, bentuk suite ini menyerupai mobil SUV berukuran besar, namun ia dapat berjalan secara otomatis atau tanpa pengemudi.

Menurut USA Today, sumber energi hotel berjalan ini akan sepenuhnya dioperasikan menggunakan baterai, dan dapat melakukan perjalanan hingga 10 jam dengan sekali pengisian. Lee juga berencana membuat sebuah aplikasi sehingga para wisatawan dapat menggunakan layanan ini seperti sedang menyewa mobil atau memesan hotel dalam satu waktu.

Bagi wisatawan yang ingin melakukan perjalanan lebih jauh atau beristirahat sejenak, Lee mengatakan bahwa nantinya akan dibangun jaringan hotel Automated Travel Suites, di mana wisatawan dapat mengisi ulang kendaraan mereka sambil menikmati fasilitas hotel tradisional. Dia bahkan berharap jaringan hotel nasional mungkin tertarik menambahkan armada suite mengemudi ke merek mereka.

Meskipun Lee berharap hotel tersebut sudah dapat beroperasi pada 2030, Kurt Stahura, dekan College of Hospitality and Tourism Management di Niagara University, mengatakan kepada USA Today bahwa “teknologi belum disempurnakan.” Sudah jelas bahwa Lee dan Aprilli Design Studio memiliki beberapa tantangan yang harus mereka hadapi sebelum ide itu menjadi kenyataan.

Tetapi jika Travel Suites Otomatis ini sukses diproduksi, tentunya mereka dapat mengubah cara perjalanan orang Amerika.  

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini