nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UNICEF Berkomitmen Anak dan Remaja Bisa Bebas AIDS di 2030

Yosua Tobing, Jurnalis · Minggu 02 Desember 2018 03:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 02 481 1985633 unicef-berkomitmen-anak-dan-remaja-bisa-bebas-aids-di-2030-bP8i1RKKC3.jpg Ilustrasi (Foto: Healthline)

AIDS adalah penyakit yang dapat menyerang kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV. AIDS dapat ditularkan lewat kontak seksual, transfusi darah, jarum suntik, dan antara ibu dan bayi.

Menurut Data Darurat Anak Internasional PBB yang dilansir Okezone dari Daiy Maverick, AIDS membunuh 76 remaja di seluruh dunia setiap hari dan sekira 360.000 akan meninggal pada tahun 2030, kecuali ada tindakan mendesak diambil.

"Laporan ini membuatnya jelas, tanpa keraguan, bahwa dunia berada di luar jalur ketika datang untuk mengakhiri AIDS di kalangan anak-anak dan remaja pada tahun 2030," ucap direktur eksekutif UNICEF Henrietta Fore tentang komitmen internasional untuk mengakhiri epidemi sebagai ancaman kesehatan masyarakat hanya dalam satu dekade.

Sementara itu, Dr Lee Fairlie, director Kesehatan Anak dan Remaja di Wits Reproductive Health and HIV Institute mengatakan, mengobati HIV pada masa remaja sangat menantang dan merupakan satu tahap kehidupan di mana kepatuhan memburuk.

"Ada banyak kerumitan - gaya hidup anak-anak yang sibuk dengan sekolah dan olahraga - dan kadang-kadang mencoba untuk menyesuaikan antiretroviral adalah tantangan," katanya.

hiv

Terkadang anak muda, terutama mereka yang menganggur atau menghadapi masalah sosial ekonomi di rumah, berjuang untuk mendapatkan perawatan sendiri, menurut Dr Lee Fairlie, director Kesehatan Anak dan Remaja di Wits Reproductive Health and HIV Institute.

"mengeliminasi tetapi belum cukup jauh, sementara program untuk mengobati virus dan mencegahnya menyebar di antara anak-anak yang lebih tua tidak berada di tempat yang seharusnya," ungkap Fore UNICEF.

Sebelumnya, menurut penelitian tahun 2013, anak perempuan separuh kemungkinan melakukan seks transaksional. Namun, secara global, setiap hari 700 remaja berusia antara 10 sampai 19 tahun terinfeksi HIV. Hal ini setara dengan satu anak setiap dua menit, menurut UNICEF, yang menyerukan untuk menekan peningkatan skala program perawatan dan pencegahan untuk kelompok ini.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini