Share

Mengapa Perlu Mengetahui Golongan Darah Kita Sendiri?

Yosua Tobing, Jurnalis · Senin 03 Desember 2018 07:28 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 02 481 1985859 mengapa-perlu-mengetahui-golongan-darah-kita-sendiri-YNeHK08uVQ.jpg Penting ketahui golongan darah (Foto: Pixabay)

Golongan darah memiliki empat jenis golongan darah. Secara umum golongan darah O adalah yang paling umum dijumpai. Apakah Anda sudah tahu golongan darah sendiri? Banyak orang yang tidak mempedulikan jenis golongan darah. Berikut adalah alasan mengapa harus mengetahui golongan Anda yang dilansir dari Okezone dari Entity, (3/12/2018)

Baca juga: 10 Pantai Indonesia yang Instagramable, Sudah Pernah Singgah ke Mana Saja?

1. Bisa jadi pendeteksi dalam hal penyakit

 

Setetes darah dapat memberikan banyak informasi tentang kesehatan Anda. Menurut penelitian telah menunjukkan bahwa golongan darah AB, A dan B meningkatkan risiko pembekuan darah hingga 40 persen dibandingkan dengan tipe O. Dibandingkan dengan Tipe O, risiko Anda untuk penyakit jantung meningkat sebesar 23 persen untuk Tipe AB, sebesar 11 persen dengan Tipe B, dan lima persen dengan Tipe A.

Namun, pilihan gaya hidup, seperti merokok, berat badan, dan diet secara signifikan mempengaruhi risiko seseorang untuk pembekuan darah dan memiliki pengaruh yang lebih besar pada penyakit jantung daripada golongan darah.olongan darah Tipe A tampaknya meningkatkan risiko kanker perut hingga 20 persen dan mereka yang memiliki golongan darah O lebih rentan mengalami sakit maag. Bagi mereka dengan golongan darah O yang mengira mereka turun cahaya, golongan darah ini tampaknya juga mengurangi kesuburan.

2. Dapat mengantisipasi masa kehamilan

 

Jika Anda seorang wanita hamil, Anda harus tahu apakah gilingan darah Anda positif atau negatif. Lab Test Diagnostics menjelaskan jika seorang wanita hamil dan bayinya tidak memiliki golongan darah RH yang sama (positif atau negatif), tubuh wanita dapat memperlakukan bayi, seperti alergen. Disebut penyakit hemolitik atau anemia hemolitik, ketidakcocokan RH ini dapat menyebabkan bahaya serius pada bayi. Anda dapat menerima suntikan untuk mencegah reaksi ini terjadi, tapi pengetahuan benar-benar kekuatan selama kehamilan.

3. Siap untuk keadaan darurat medis

 

Jika Anda perlu menerima transfusi darah mendadak. Anda menerima golongan darah yang salah, sel-sel darah Anda bisa menggumpal, dan dapat berakibat fatal. Menurut Lab Test Diagnostics, rumah sakit biasanya akan menjalankan tes golongan darah dan selama keadaan darurat gunakan Tipe O negatif. Meskipun demikian, keadaan tertentu dapat membutuhkan penggunaan golongan darah Anda yang sebenarnya.

4. Anda Dapat menyumbang darah tanpa menyebabkan bahaya

Mengetahui golongan darah juga dapat membantu untuk menyumbang darah. Jika Anda mengetahui golongan darah Anda, Anda bisa langsung mengetahui apakah Anda dapat menyumbang. Pengetahuan golongan darah dapat benar-benar menyelamatkan kehidupan seseorang. Apakah Anda sudah mengetahuinya seberapa bergunanya mengetahui golongan darah? Jadi mau apa lagi? Cek secepatnya golongan darah Anda!

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini