nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Cara Praktis untuk Membuat Sepatumu Lebih Nyaman saat Traveling!

Blenda Azaria, Jurnalis · Selasa 04 Desember 2018 06:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 03 194 1986218 6-cara-praktis-untuk-membuat-sepatumu-lebih-nyaman-saat-traveling-uvzOFf7zKA.jpg Ilustrasi (Foto: Travelandleisure)

KE mana pun tempat tujuan travellingmu, entah itu jalan-jalan ke pantai yang tenang atau liburan panjang ke Eropa, kamu pasti akan sering berjalan kaki. Dan kalau kamu membawa sepatu yang salah, mungkin kakimu bisa lecet, terluka, atau yang paling parah, cidera kaki misalnya. Itulah mengapa, sebelum kamu bahkan mem-packing pakaian, lebih baik kamu siapkan dulu sepatu yang tepat.

Dilansir dari Health.com, beberapa ahli podiatris atau ahli penyakit kaki telah membagikan saran agar sepatumu nyaman dipakai:

1. Luweskan dulu sepatu barumu

“Jangan tunggu waktu saat travelling untuk memakai sepatu barumu,” kata Dr. Jacqueline Sutera, DPM.

Menurutnya, tidak baik memakai sepatu baru untuk pertama kalinya saat liburan karena dapat menyebabkan kakimu sakit, lecet, dan kapalan.

Jadi, cara terbaik untuk meluweskan sepatu barumu adalah dengan memakai sepatumu di dalam ruangan selama satu jam. Kalau kamu merasa ada beberapa bagian yang masih kaku, kamu bisa menggunakan alat peregang sepatu atau pasang alas di sepatumu seperti kaos kaki yang digulung. Dengan cara itu, kamu akan merasa luwes saat mengenakan sepatumu untuk liburan.

2. Persiapkan barang-barangmu dengan cermat

Kamu pasti enggak akan bawa jaket tebal saat liburan ke tempat yang panas, kan? Nah, kamu juga harus berpikir sama untuk alas kakimu, sesuaikan dengan lokasi dan aktivitas yang ingin kamu lakukan.

Kalau kamu akan melakukan banyak aktivitas berjalan atau bahkan hiking, maka alas kaki yang kamu butuhkan adalah sepatu yang nyaman, protektif, dan mendukung aktivitasmu.

Seorang podiatris asal New York, Dr. Scott Melamed memberikan saran. "Kalau kamu kehujanan dan sepatumu jadi basah, keluarkan sol dalamnya. Lalu biarkan sepatumu kering sepenuhnya sehingga kamu bisa memakainya dengan nyaman keesokan harinya," saran Dr. Scott.

Baca Juga: Intip Gaya Liburan Seru Atlet Renang Tunagrahita Syuci Indriani

3. Pilih sepatu bertali

Alas kaki jenis slip–on mungkin lebih mudah untuk dilepas dan dipakai, tapi kalau soal kenyamanan dan pencegahan cedera, slip-on bukanlah ide yang bagus. Pastikan alas kakimu membalut kakimu dengan benar: sandal gunung atau sepatu bertali adalah pilihan terbaik.

“Mungkin sepatu balet juga cocok di kriteria ini, tapi itu bisa membuatmu mendapat banyak masalah,” tutur Dr. Hiren Patel, seorang ahli penyakit kaki yang bekerja di Flawless Feet Limited.

“Bagaimana pun, kalau kamu memilih untuk memakai sepatu balet, pastikan sepatunya memiliki strap untuk menjaga kakimu dan sol yang lebih tebal.” ucap Dr. Hiren lagi.

Sepatu flip-flops juga tidak boleh dipakai untuk berjalan atau berdiri dalam waktu yang lama. Dr. Scott menjelaskan alasannya. "Sepatu flip-flops tidak punya bentuk yang bisa menjaga kestabilitasan. Biasanya, sepatu ini tidak bisa melindungi kakimu dari perjalanan panjang atau tanah berbatu. Beberapa sandal seperti Birkenstock, Teva, atau Naot mungkin lebih memiliki bentuk terstruktur, namun untuk kegiatan yang memerlukan banyak jalan kaki, pilihan terbaik adalah sneaker." beber Dr. Scott.

Sepatu Bertali

4. Gunakan kaos kaki yang bisa menjaga kelembapan kaki

Kalau kamu akan pergi ke tempat yang panas dan berencana akan melakukan hiking, hindari menggunakan kaos kaki bahan katun atau wol yang menyerap keringat. Jangan juga memakai kaos kaki yang terlalu tipis karena akan membuat kakimu terkena gesekan.

Kakimu cenderung jadi bengkak di cuaca panas sehingga bisa membuat kakimu lecet. Untuk mengatasi ini, kamu bisa membawa bedak khusus kaki untuk mengurangi keringat atau memakai kaos kaki anti bakteri.

Baca Juga: Berlaga di Miss World 2018, Alya Nurshabrina Dapat Dukungan dari Komunitas Peduli Anak Spesial

5. Jangan memakai sepatu yang sama tiap hari

Mungkin membawa lebih dari satu sepatu bisa membuat kopermu penuh, tapi ini bisa membuat perubahan besar saat kamu liburan karena kakimu bisa terkena rasa sakit bila tidak mengganti sepatumu.

Sepatu untuk jalan-jalan di pagi hari berbeda dengan sepatu untuk bersantai di sore hari. Beda aktivitas beda sepatunya juga.

Untuk jalan-jalan, kamu bisa memakai sepatu semacam sneaker. Kalau kamu ke pantai, pakailah sepatu flip-flops dengan sol empuk. Kalau kamu ingin memakai heels, tambahkan silicone empuk di dalam sol.

Dr. Sutera dari Vionic’s Innovation Lab memberi saran. "Kalau kamu memakai sepatu yang sama tiap hari, kamu bisa cedera karena sepatumu tidak sesuai untuk berjalan atau berdiri terlalu lama."

6. Modifikasi sepatumu

Kamu bisa membeli pads, bantalan, dan insoles yang empuk untuk sepatumu. Ada pula gel pads yang tidak akan menyerap bau seperti pads dari kain. Gel pads juga lebih tahan lama dan bisa dipakai berulang kali.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini